Tex Saverio, Alexander McQueen of Indonesia

Sumber: bridestory.com

Tex Saverio. Namanya memang unik. Orangnya pun juga tidak kalah unik.

Laki-laki kelahiran Jakarta 34 tahun lalu ini dikenal sebagai perancang busana yang telah melaju ke dunia internasional. Sejak hampir satu dekade silam ia telah dipercaya untuk mendesain busana artis kenamaan Hollywood, seperti Lady Gaga, Jennifer Lawrence untuk TV film populer The Hunger Games, Victoria’s Secret Model, Ayumi Hamasaki, Kim Kardashian, hingga Jennifer Lopez.

Berawal dari kecintaannya membaca komik sejak di bangku SD, ia mulai menyadari bahwa ia lebih tertarik pada kostum yang digunakan tokoh-tokoh dalam komik tersebut. Dari ketertarikannya pada busana, akhirnya ia menggambar baju-baju tersebut yang diubah menurut versinya sendiri.

Ia juga sering mencoret-coret berbagai gambar di buku tulis ketika jam pelajaran di sekolah masih berlangsung hingga membuatnya pernah ditegur oleh seorang gurunya.

Lelaki yang pernah mengenyam pendidikan di SMA BPK Penabur I Jakarta ini pernah diberitahu oleh salah seorang gurunya, “Jika saya jadi kamu, saya tidak akan pergi ke sekolah ini. Saya akan pergi ke sekolah mode. Kenapa kamu tidak menjadi perancang busana saja,” ujarnya dikutip dari wawancaranya bersama Flux Design.

Kalimat tersebut rupanya menampar Rio akan passion yang seharusnya dikejarnya. Ia pun menyadari bahwa minat terbesar di dalam dirinya ada di bidang fashion dan ijazah sekolah sendiri belum tentu bisa menjamin kesuksesan kariernya.

Akhirnya dia memutuskan untuk berhenti sekolah demi fokus belajar fashion. Kedua orang tuanya sempat keberatan dengan keputusannya. Tapi ia yakin bahwa masa depannya di dunia mode dengan talenta menggambar dan merancang yang dimilikinya.

Setelah kedua orang tuanya merestui keputusannya untuk tidak melanjutkan sekolah, ia memutuskan untuk mendaftar di sekolah mode. Di usianya yang masih 16 tahun, ia sempat mendaftar di Esmod Jakarta.

Sayangnya persyaratan masuknya adalah harus bisa menjahit, sementara ia belum bisa. Akhirnya ia mengikuti kursus menjahit terlebih dahulu agar bisa sekolah disana.

Saat mengikuti kursus menjahit, ia menemukan keasyikan tersendiri dan terus penasaran dengan teknik-teknik menjahit hingga berpindah-pindah tempat kursus.

Karena hobinya pindah-pindah tempat kursus, ia melupakan rencananya untuk mendaftar ke Esmod. Bunka Fashion School Jakarta akhirnya menjadi tempatnya menimba ilmu mode sebelum magang di Phalie Studio.

Selepas magang, ia mulai mengikuti beberapa kompetisi mode. Diantaranya Kompetisi Internasional Perancang Mode Muda 2003 dan Kompetisi Internasional Perancang Perhiasan Muda 2004 yang sama-sama diadakan di Paris.

Baca juga: Menjadi Orang Kreatif Ala Yoris Sebastian

                  Seniman Indonesia Merajut Mie Menghasilkan Syal Unik

Didalam negeri, ia pernah mengikuti Lomba Perancang Mode Femina Group 2005 dan Mercedes Benz Asia Fashion Awards tingkat nasional.

Menjadi pemenang di Mercedes Benz Asia Fashion Awards 2005 tingkat nasional membuat namanya mulai dikenal khalayak luas dan ia pun berkompetisi di tingkat regional.

Tidak berhenti disitu. Tahun 2010, rancangan Rio tampil di Dewi Fashion Knights, acara puncak Jakarta Fashion Week, untuk pertama kalinya yang diliput oleh berbagai media lokal hingga mancanegara.

Kepiawaiannya mendesain gaun bergaya fantasi, glamor, dramatis, dan sarat akan sentuhan seni membuat Nicola Formichetti, fashion director penyanyi jenama Lady Gaga, menghubunginya tapi tidak berhasil. Mendengar kabar tersebut, dia berinisiatif untuk menghubungi Nicola.

Tak disangka, Nicola menawarkan kerja sama, bahkan mengunjungi butik miliknya di Jakarta untuk memilih langsung koleksi rancangannya untuk dipakai Lady Gaga.

Rio sendiri memberikan tujuh busana secara cuma-cuma untuk Lady Gaga. Baginya, karyanya dipakai oleh wanita berkarakter kuat seperti Lady Gaga merupakan suatu kehormatan tersendiri dan juga merupakan bentuk sponsorship darinya untuk mendukung sang penyanyi.

Ia mengirim tujuh busana, satu gaun black glamour dikenakan Lady Gaga dalam pemotretan bersama majalah Harper’s Bazaar edisi Amerika Serikat pada tahun 2011 dan juga menjadi sampul depan edisi Indonesia dan Thailand, enam lainnya dikenakan untuk konser privatnya.

Gaun Rancangan Tex Saverio yang Dikenakan Lady Gaga Untuk Pemotretan Harper's Bazaar 2013 (Sumber: Fimela)

Hubungannya dengan tim Lady Gaga sendiri cukup dekat karena beberapa kali ia dikontak untuk merancang gaun yang akan dikenakan saat konser. Kim Kardashian juga pernah mengenakan gaun rancangan Rio dengan detail bordiran untuk pemotretan majalah Elle Amerika Serikat edisi Maret 2013.

Jennifer Lawrence sendiri pernah mengenakan gaun rancangannya dalam adegan film terkenal, Hunger Games: Catching Fire.

Gaun Pengantin Jennifer Lawrence dalam Film The Hunger Games (Sumber: Wollipop)

Lalu, beberapa model Victoria’s Secret juga pernah mengenakan pakaian rancangannya saat runaway di pagelaran Victoria’s Secret Model Fashion Show 2016 di Paris. Jennifer Lopez juga menambah pencapaian karier internasional Rio saat mengenakan gaun untuk video klip El Anillo.

Tak hanya artis Hollywood, beberapa tokoh lainnya seperti Rossa, Bunga Citra Lestari, Ayumi Hamasaki, Clarissa Choi, beauty vlogger Tasya Farasya, hingga Miss World 2017 Manushi Chhillar pernah mengenakan karyanya.

Berkat gaun glamornya yang unik dan sarat akan nilai seni, Perez Hilton, pendiri Business Blogger and Television Personality di Hollywood, menyebut gaun La Glacon rancangannya sebagai gaun Alexander McQueen dan tak menyangka jika itu hasil rancangan desainer Indonesia.

Gaun Rancangan Tex Saverio Edisi S/S 2011 dengan tema "La Glacon and My Courtesan" (Sumber: Fashionlover)

Alexander McQueen of Indonesia sendiri berpendapat bahwa bekerja sama dengan para selebriti Hollywood tidak menyusahkan seperti yang dikira karena mereka telah memercayakan segala sesuatu kepada desainer yang ditunjuk.

Hanya saja, kendala yang sering ditemuinya adalah jarak dan waktu pengerjaan yang sempit. Pihak selebriti seringkali memesan gaun untuk jangka waktu pengerjaan yang sempit, padahal pengiriman barang ke Amerika Serikat membutuhkan waktu beberapa hari.

Tak jarang ia harus menolak tawaran karena waktu pengerjaannya yang tidak memungkinkan untuk bisa sampai di tangan sang selebriti.

Meski telah dipercaya oleh berbagai selebriti dunia, ia masih mendambakan rancangannya dikenakan oleh aktris Angelina Jolie yang baginya tipe wanita berkarakter dan independen.

Selain merancang pakaian, Rio sendiri pernah merancang desain botol Aqua Reflections, produk Aqua untuk kemasan premium, di tahun 2016 dengan mengambil inspirasi riak dinamis air.

Belasan tahun malang melintang di dunia mode, membuatnya tertarik untuk mengeksplor kemampuannya untuk merancang perhiasan. Perusahaan perhiasan ternama, Miss Mondial, pun menggadengnya untuk merancang koleksi perhiasan khusus kolaborasi dengannya yang diluncurkan pada Maret lalu.

Baginya, tidak ada resep khusus untuk bisa sukses. Prinsip yang selalu dipegangnya adalah be trust and authentic, dimana selalu menjunjung kejujuran dan orisinalitas ciri khas dalam berkarya.

 

 

Sumber:

https://kinibisa.com/inspirasi/detail/seniman/tex-saverio-dikenal-kancah-internasional-melalui-rancangan-busana

https://www.inovasee.com/mengenal-tex-saverio-31977/

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/tex-saverio-pamerkan-karya-di-victorias-secret

https://www.thejakartapost.com/life/2019/03/14/tex-saverio-turning-couture-fantasy-to-jewelry.html

https://www.instagram.com/texsaverio/

https://www.tabloidbintang.com/berita/sosok/read/75244/tex-saverio-dilabeli-alexander-mcqueen-dari-indonesia

https://www.femina.co.id/food-trend/setelah-tex-saverio-giliran-karya-eko-nugroho-menghiasi-botol-aqua-reflection-

https://www.msn.com/id-id/gayahidup/fesyen/tex-saverio-cerita-enaknya-kerjasama-bareng-lady-gaga-dan-kardashian/ar-BBUy586#page=2

https://lifestyle.sindonews.com/read/1386898/186/tex-saverio-desainer-indonesia-yang-mendunia-1552614338

https://www.hitsss.com/tex-saverio-pertahankan-ciri-khas-dan-kejujuran/

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/1128405-usai-lady-gaga-tex-saverio-ingin-angelina-jolie-pakai-hasil-karyanya

https://www.bridestory.com/id/blog/miss-mondial-x-tex-saverio-meluncurkan-kolesi-perhiasaan-bertajuk-elemental

 



Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
belum ada komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi