Sumiati Sutrisno: Basket Mengubah Nasib Saya

Sumber gambar: Bangga Surabaya

Bagi para pencinta basket, nama Sumiati Sutrisno tentu sudahlah tidak asing lagi. Namanya sempat menjadi perbincangan di kalangan pelajar Surabaya ketika musim penyelenggaraan Honda DBL 2006 dan 2007. Berita tentang kehebatannya berseliweran dimana-mana. Media massa nasional pun tak henti-hentinya meliput berita tentang dirinya.

Penyebabnya sederhana kala itu. Dia berhasil membawa tim basket putri SMA YPPI 2 Surabaya menjadi juara Honda DBL. SMA YPPI 2 sendiri bukanlah sekolah dengan tradisi basket yang kuat, tidak ada kualitas tim basket bintang lima, dan tanpa kehebohan-kehebohan lainnya.

Ia berhasil mengantarkan sekolahnya ke podium juara dua tahun berturut-turut. Sebagai individu, ia juga mencatatkan pencapaian prestasi yang luar biasa mengagumkan. Tidak heran jika ini menjadi buah bibir dimana-mana dan membuat banyak orang penasaran siapa sosok Sumiati Sutrisno ini sebenarnya.

Ia dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana dengan segala keterbatasan. Ia berani untuk berangan-angan tinggi, menjadi pebasket handal. Namun keadaan seolah tidak ingin mimpinya menjadi kenyataan.

Kala itu ibunya hanyalah seorang buruh cuci dan ayahnya seorang buruh bangunan. Jangankan untuk membeli peralatan latihan basket yang layak, untuk dapat berlatih dengan nyaman saja sangatlah susah. Sepatu yang ia pakai untuk sekolah, juga dipakai untuk latihan basket. Jika ia beruntung, ia bisa mendapatkan sepatu basket dari para seniornya.

Tidak hanya masalah sepatu. Sumiati juga harus menghadapi perjuangan lain. Ia harus mengayuh sepeda selama lebih dari 30 menit dari tempat tinggalnya untuk berlatih basket di sekolahnya. Meskipun rasanya seperti berjuang sendirian, ia berusaha untuk tetap semangat menjadi pebasket handal.

Nyatanya nasib berkata lain. Kesungguhan dan kerja keras Sumiati menjawab keraguan atas perjuangannya selama ini. Puncaknya, ia tidak hanya berhasil membawa tim basket sekolahnya menjadi juara DBL dua tahun berturut-turut, tapi ia berhasil menjadi MVP (Most Valuable Player) DBL dua tahun berturut-turut. Karena gelar tersebut, ia mendapatkan hadiah satu unit motor Honda Vario.

Lebih dari satu dekade berlalu, Sumiati saat ini bukan lagi sekedar menjadi MVP Honda DBL di kala remaja. Impiannya menjadi pebasket handal telah tercapai. Bukan hanya sekedar handal, namun juga berprestasi dan berlimpah keberuntungan. Semua itu karena basket yang telah mengubah hidupnya.

Sejak tahun 2012, Sumiati tercatat aktif sebagai atlet basket profesional dibawah naungan klub basket Surabaya Fever. Sebelum itu, ia pernah menjadi atlet basket klub Sahabat Surabaya dan menjuarai beberapa pertandingan.

Srikandi basket kelahiran 1990 ini tidak hanya disibukkan dengan aktivitas bermain basket saja. Kegiatan travelling-nya sudah lumayan banyak. Setidaknya ia sudah pernah mengunjungi lebih dari tujuh negara. Mulai dari negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, hingga Amerika Serikat nun jauh disana.

Semua itu terjadi karena basket. Karena basket, ia seringkali pergi ke luar negeri untuk bertanding. Kalaupun untuk berlibur, itu didapatkan sebagai perhargaan karena telah memenangkan pertandingan basket.

Ia menyadari betapa basket telah banyak mengubah jalan hidupnya selama ini. Menurut penuturan dalam wawancara dengan tim DBL, awalnya tidak pernah terpikir jika bisa mendapatkan banyak hal dari basket. Ia sendiri sangat bersyukur bisa mewujudkan cita-citanya.

Basket tidak hanya membuat Sumiati bisa plesiran ke luar negeri, ia juga bisa mengenyam pendidikan hingga jenjang S2. Bahkan karena basket, ia bisa mendapatkan tempat tinggal. Tidak heran jika ia benar-benar jatuh cinta pada basket. Basket adalah semestanya, dimana ia mendapat keberuntungan yang tidak pernah dimimpikan olehnya.

Baru-baru ini, ia sendiri berhasil menggondol gelar sebagai MVP Final dalam Srikandi Cup 2017/2018. Ia juga berhasil mengantarkan Surabaya Fever meraih gelar juara dalam ajang tersebut.

 

 

Sumber:

http://dblindonesia.com/v2/news/sumiati-sutrisno-tanpa-basket-aku-bukan-apa-apa

https://sports.okezone.com/read/2014/01/15/36/926627/sumi-antar-surabaya-fever-raih-kemenangan

https://srikandicup.com/news/surabaya-fever-juara-srikandi-cup-20172018

https://sports.okezone.com/read/2014/01/15/36/926627/sumi-antar-surabaya-fever-raih-kemenangan

https://www.instagram.com/sumiatisutrisno/



Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
belum ada komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi