Seniman Indonesia Merajut Mie Menghasilkan Syal Unik

Sumber: jadiberita.com

Mie instan adalah makanan sejuta umat yang murah meriah. Selain murah dan mudah didapatkan, mie instan sesuai dengan namanya bisa dibuat secara instan dalam waktu singkat. Mengonsumsi sebungkus mie instan sendiri sudah bisa mengganjal perut di kala kepepet.

Mie instan yang terkenal lezat ini siapa sangka jika ditangan Cynthia Delaney Suwito bisa menjadi sebuah karya seni yang unik dan tidak terpikirkan sebelumnya oleh banyak pihak. Seniman Indonesia yang bermukim di Negeri Singa ini telah menghabiskan ratusan jam untuk merajut mie instan menjadi sebuah syal panjang.

Bermula dari tugas kuliahnya, Cynthia memulai prosesnya dengan memilih beragam merek mie dari supermarket terdekat, merebus, dan mendinginkannya. Setelah itu, ia memulai percobaannya dengan merajut mie tersebut menggunakan sepasang jarum rajut.

Meski terlihat mudah, ternyata merajut menggunakan mie tidaklah semudah yang dilihat. Berkali-kali ia gagal menyambung rajutan dikarenakan mie yang putus ketika merajut. Lalu menemukan pola dan merek mie instan yang cocok dan kuat untuk dirajut juga bukan hal yang mudah.

Setelah menemukan pola dan merek mie instan yang pas dan kuat untuk dirajut, ia pun memulai rajutannya setiap hari. Dibutuhkan waktu tiga hingga empat jam sehari untuk bisa menghasilkan rajutan seluas 20 cm2.

Mengusung karya seni merajut mie instan, Cynthia memiliki filosofi sendiri dibalik rajutan mie tersebut. Di era saat ini, mayoritas orang ingin proses yang serba cepat. Tak hanya masalah makanan, tapi dalam seluruh aspek kehidupan pun, manusia juga ingin yang serba instan. Hal tersebut seperti mie instan yang bisa dinikmati dalam keadaan instan.

Melansir dari website pribadi Cynthia, ia justru berkomitmen melalui proyek ini untuk mengubah segala sesuatu yang diharapkan terjadi secara instan menjadi proses yang sangat lamban dan suatu proses yang bisa selesai atau tidak.

Baca juga: WPAP, Gaya Ilustrasi Asal Indonesia yang Mendunia

                   Wahyu "Pinot" Ichwandardi Banggakan Indonesia Melalui Animasi

Ia sendiri merajut mie-mie tersebut selamban mungkin demi mencapai kesempurnaan, yang manusia sendiri sesungguhnya tidak bisa mendefinisikan kesempurnaan karena tidak ada yang sempurna di muka bumi ini.

Memulai proyek merajut mie di akhir tahun 2014, ia mengakhiri rajutan mie tersebut ketika rajutan tersebut telah mencapai setinggi tubuhnya yang kurang lebih 150 cm di akhir tahun 2016. Total, ia membutuhkan waktu dua tahun untuk membuat rajutan mie berbentuk syal itu untuk dipamerkan di Singapore Gallery.

Rajutan mie bukanlah karya seni pertama Cynthia yang berbahan baku mie atau ramen. Sebelumnya ia telah dua kali menggunakan mie untuk karya seninya. Diantaranya “Instan Noodles – Specimen” dimana ia menyuguhkan sampel mie sebagai sebuah artefak ditemukan oleh arkeolog di masa depan, beserta asumsi mereka tentang kehidupan manusia saat ini.

Adapula proyek seni “Noodle Confessions” yang mrengumpulan kenangan orang menyantap mie instan di berbagai penjuru dunia. Kenangan-kenangan tersebut dicetak dan ditempel di bungkus mie instan.

Lulusan Lasalle College of Arts Singapore jurusan Fine Arts ini sejak kuliah telah aktif mengikuti pameran karya seni untuk menyelesaikan tugas kuliah dan mengumpulkan banyak portofolio karya seni.

Baginya, sebagai seorang seniman, haruslah memiliki filosofi di balik karya-karya mereka. Filosofi itu sendiri bisa didapatkan dari kejadian yang ada disekitar kita, atau fenomena alam dan sosial masyarakat. Dengan adanya filosofi yang kuat, tentu sebuah karya jadi memiliki sebuah makna yang dalam bagi penikmat dan pembuatnya.

Rajutan mie instan ini sendiri berhasil mengantarkan nama finalis Harper’s Bazaar Art Prize 2015 ini ke daftar pemuda berpengaruh dalam bidang seni dalam 30 Under 30 Forbes Asia 2017.

 

Sumber:

https://www.vice.com/id_id/article/4xxd49/seniman-singapura-merajut-mi-menghasilkan-karya-seni-memukau

https://www.instagram.com/p/Bt-tT3nBjMj/

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2845986/seniman-kelahiran-indonesia-rajut-mi-instan-jadi-sebuah-sweater

https://www.cynthiadsuwito.com/



Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
belum ada komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi