Rollover Reaction, Bukti Kosmetik Lokal Anak Muda Berkualitas

Sumber Gambar: editorial.femaledaily.com

Pemulas bibir atau biasa disebut lipstick saat ini telah menjadi kebutuhan sehari-hari wanita.  Bagi sebagian besar wanita, pemulas bibir yang tepat bisa memperindah riasan wajah dan menambah kepercayaan diri dari seseorang tersebut. 

Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan pemulas bibir yang memiliki ragam varian warna yang cantik dengan harga terjangkau.  Selain itu, di pasaran pada saat itu kebanyakan produsen kosmetik hanya menciptakan pemulas bibir untuk satu fungsi saja.

Peluang tersebut ditangkap dengan baik oleh Naya Tinanda Nabila, CEO dan salah satu founder merk kosmetik Rollover Reaction. 

Pebisnis muda yang masih berusia dibawah 25 ini, bersama ketiga sahabatnya yang mencintai dunia make up mendapati kosmetik yang beredar di pasaran saat itu lebih banyak didominasi oleh merk kosmetik luar negeri yang sesuai dengan remaja seusianya.

Selain barang yang tidak begitu mudah didapat, kelemahan dari kosmetik luar negeri adalah harganya yang mahal sehingga tidak terjangkau di semua kalangan. Berangkat dari sana, mereka memutuskan untuk membuka bisnis kosmetik sendiri yang sesuai dengan kebutuhan perempuan Indonesia.

Dipilihnya pemulas bibir sebagai produk pertama mereka karena berdasarkan hasil riset, wanita lebih mementingkan riasan pemulas bibir untuk kebutuhan sehari-hari mereka.  Selain itu, wanita kerap kali lebih menyukai untuk mengeksplor warna-warna lipstick untuk riasan bibir mereka. 

Akhirnya setelah melakukan riset pasar  selama dua tahun sejak 2014, peluncuran perdana produk lipstick multifungsi Rollover Reaction melalui sosial media dilakukan pada tahun 2016, bersamaan dengan booming-nya lipstik cair matte di Indonesia.

Meski sempat takut mendapatkan respon negatif dari pasar, nyatanya Rollover Reaction sejak peluncuran perdananya mampu mendapatkan respon positif dari pasar dan memikat hati pengguna karena desain kemasan yang menarik, aplikator dan bahan lipstik yang nyaman digunakan, serta pilihan warna lipstick yang lembut sesuai selera masyarakat Indonesia.

Baca juga: Rahasia Bos Wardah Sukses Berbisnis Kosmetik Halal

Self Branding, Kunci Sukses Anaz Siantar di Dunia Fashion Blogger

Dari Salon Express Hingga ke Penghargaan Forbes

Bahkan di peluncuran perdananya, Rollover Reaction mampu terjual sebanyak 100 buah.  Keunggulan produk tersebut selain untuk pemulas bibir, dapat diaplikasikan sebagai blush on dan eye shadow sehingga dalam satu produk praktis digunakan apa saja.

Dua tahun berjalan, Rollover Reaction terus aktif menelurkan variasi produk kecantikan dengan beragam desain kemasan yang memikat hati.  Meski dibanderol dengan harga yang tidak murah dibanding merk kosmetik lokal lainnya, Rollover Reaction dengan cepat mendapat hati di masyarakat. 

Dengan menyasar konsumen berusia 17-35 tahun yang merupakan generasi aktif di duia maya, Rollover Reaction pun fokus memasarkan produknya melalui sosial media, website resmi, dan bekerja sama dengan beauty influencer untuk memberikan penilaian terhadap produk mereka.

Rollover Reaction pun sempat membuka pop up store di Plaza Indonesia selama 3 bulan dan mendapat respon positif dari pasar di tahun 2017.

Setahun setelahnya, dengan mantap ia membuka gerai resmi pertama di Plaza Indonesia setelah dua tahun lebih banyak menjual secara online. Di tahun kedua, Rollover Reaction juga menambah varian produk kecantikan lain seperti lip balm, face mist, dan cleansing wipes.

Hadirnya Rollover Reaction juga memunculkan kepercayaan dari masyarakat bahwa merk kosmetik lokal bisa bersaing dengan merk kosmetik luar negeri. 

Bahkan penjualannya saat ini telah meluas ke Singapura dan Malaysia.  Sudah seharusnya kita bangga menggunakan produk lokal, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan memajukan industri negeri sendiri.

 

Sumber:

https://id.linkedin.com/in/tinandanabila

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/21/153739526/naya-tinanda-ceo-generasi-milenial-yang-berani-melawan-produk-global

https://youngster.id/featured/naya-tinanda-nabila-karena-passion-nya-di-dunia-make

https://aura.tabloidbintang.com/articles/kecantikan/60717-nayadinarnovisarah-mengubah-stigma-produk-kecantikan-lokal-dengan-rollover-reaction

0 komentar
Berikan komentar anda
Anda harus Login untuk komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi