Rahasia Bos Wardah Sukses Berbisnis Kosmetik Halal

Apa kosmetik halal di Indonesia?

Jika mendapatkan pertanyaan seperti, mungkin yang ada dibenak Anda saat ini adalah kosmetik dengan merk Wardah yang selalu mengampanyekan kosmetik halal pertama di Indonesia dan berkualitas. 

Dengan pangsa pasar yang awalnya ditujukan kepada wanita muslimah berhijab, Nurhayati Subakat melihat hal ini sebagai peluang untuk meluncurkan kosmetik halal bagi wanita muslimah. 

Pentingnya halal bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama islam, tentu hal tersebut menambah nilai positif dan memunculkan rasa aman dibenak konsumen.

Berawal dari pengalamannya bekerja di sebuah perusahaan produsen shampo, Nurhayati Subakat terinspirasi untuk membuat shampo buatannya sendiri yang alami, halal, dan terjangkau. 

Berbekal keilmuannya di bidang farmasi, beliau membuat shampo dengan merk “Putri” dan ditawarkan ke beberapa salon di Jakarta secara door-to-door

Meski cukup banyak mendapat hambatan selama memasarkan produk shamponya, perlahan tapi pasti produknya dapat diterima dan digunakan oleh beberapa salon di Jakarta.

Setelah berhasil menciptakan shampo, beliau melihat peluang belum adanya kosmetik berlabel halal bagi muslimah di Indonesia dan tentunya berkualitas.  Padahal label halal ini penting agar konsumen merasa aman akan kosmetik yang mereka gunakan sehari-hari. 

Namun beliau tidak ingin kosmetiknya sembarang halal.  Beliau tetap ingin kosmetik tersebut berkualitas namun terjangkau bagi kalangan masyarakat.  Akhirnya beliau mendirikan sebuah pabrik yang meluncurkan merk kosmetik Wardah sebagai kosmetik halal pertama di Indonesia.

Baca juga: Rollover Reaction, Bukti Kosmetik Lokal Anak Muda Berkualitas

IKAT Indonesia, Membumikan Tenun Ikat ke Generasi Milenial

Hari Darmawan: Dari Bisnis Retail ke Bisnis Sosial

Dalam pemasarannya tentu tidak mudah karena ada sebagian orang yang menganggap beliau ini menjual agama dalam produknya.  Namun beliau perlahan tanpa putus asa berusaha meyakinkan konsumen bahwa kehalalan produk tersebut tidak mengurangi kualitas produk dan aman digunakan.  Dengan menggandeng salah satu artis ibukota sebagai brand ambassador Wardah, perlahan Wardah mulai mendapat tempat di hati masyarakat.

Kebakaran di pabriknya pada tahun 1995 sempat menurunkan semangat beliau dalam berbisnis. Namun melihat besarnya peluang dan didukung oleh orang-orang terdekat untuk tetap maju mengembangkan Wardah, akhirnya beliau kembali membangun pabrik dan merubah nama perusahaan dari PT. Pusaka Tradisi Ibu menjadi PT. Paragon Technology and Innovation.

Setelah musibah tersebut, perlahan tapi pasti Paragon mampu berkembang pesat menjadi salah satu perusahaan kosmetik ternama dan diperhitungkan oleh masyarakat Indonesia. Setelah sukses membesarkan Wardah, Paragon melebarkan sayap dengan meluncurkan merk kosmetik untuk segmen yang berbeda, yakni Make Over untuk tata rias wajah profesional dan Emina untuk kalangan remaja. Kedua merk baru ini juga mendapatkan sambutan baik di kalangan masyarakat.

Kesuksesan Wardah tidak hanya didalam negeri saja.  Di negera tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura Wardah juga berhasil memikat masyarakat dan bersaing dengan merk kosmetik lain. 

Di Indonesia sendiri, Wardah mampu bersaing ditengah-tengah gempuran kosmetik buatan luar negeri dan menguasai market share diatas 40%. Wardah sendiri telah aktif berpartisipasi menjadi sponsor bagi beberapa perancang busana kondang Indonesia yang kerap mengikuti pagelaran busana Indonesia Fashion Week dan Jakarta Fashion Week dalam beberapa tahun terakhir.

Bos Wardah yang pernah masuk dalam daftar 10 CEO Inovatif Dalam Negeri versi majalah Gatra (2013) dan menerima penghargaan Ganesha Innovation Championship Award 2015 dari ITB, baru-baru ini masuk dalam daftar 25 Pengusaha Wanita Berpengaruh di Asia versi majalah Forbes atas kesuksesannya lebih dari 3 dekade membesarkan Paragon.

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Nurhayati_Subakat

https://ekonomi.kompas.com/read/2014/05/19/1147335/Kisah.Pendiri.Wardah.dari.Door.to.Door.sampai.Dikejar.CEO

http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/07/22/ini-rahasia-sukses-nurhayati-subakat-pendiri-wardah-cosmetic

https://salamic.wordpress.com/2013/04/21/dirut-wardah-masuk-10-besar-ceo-paling-inovatif-di-indonesia/

http://goukm.id/inspirasi-wardah-nurhayati-subakat/

0 komentar
Berikan komentar anda
Anda harus Login untuk komentar