Qerja.com, Wujud Kontribusi Veronika Leonardi Majukan Dunia Rekrutmen Kerja

Sumber: Lifepal

Urusan karier tidak hanya bekerja agar bisa makan, tapi juga sebuah proses pembelajaran panjang untuk menemukan pekerjaan yang nyaman dan sesuai dengan passion. Inilah yang disadari oleh Veronika Linardi, founder Qerja.com, Jobs.id, dan Linardi Associates, selama berkarier di dunia Sumber Daya Manusia (SDM).

Ia sendiri butuh waktu untuk mencari passion yang bisa membuatnya lebih berhasrat untuk mengejar karier yang sesuai dengan passion-nya. Sepulang menimba ilmu hingga pascasarjana di Amerika, ia sempat membantu bisnis keluarganya. Tapi ia sadar bahwa ia tidak begitu menikmatinya, justru sebaliknya malah saudaranya yang lebih tertarik dan sukses di sana.

Dia memutuskan untuk kembali merantau ke negeri orang setelah diterima di CNN. Setelah dua tahun, orang tuanya memintanya untuk pulang agar bisa lebih dekat dengannya. Kesempatan pun terbuka ketika ia bekerja di Charoen Pokphand Jakarta sebagai Strategic Planning Manager. Bekerja di industri yang berbeda dari sebelumnya, membuat wawasannya semakin meluas.

Ide awalnya untuk mendirikan agensi headhunter bermula ketika ia membantu mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan temannya tanpa berniat untuk dijadikan bisnis. Tidak hanya satu atau dua orang, melainkan beberapa temannya juga pernah meminta bantuannya tersebut. Dari situ ia justru malah menemukan hobi dan passionnya.

Setelah dijalani dan pengalamannya semakin bertambah, ia pun berniat untuk membisniskan hobinya tersebut dengan mendirikan perusahaan berupa agensi headhunting. Orang tuanya sempat tidak menyetejuinya dan lebih menyarankan untuk membantu bisnis baru saudaranya. Tapi ia memilih untuk tetap pada pendiriannya.

Tepat di tahun 2012, Linardi Associates berdiri sebagai agensi headhunting yang bertugas untuk membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat. Jaringannya semakin meluas karena banyak perusahaan dari berbagai bidang yang telah dibantu olehnya. Dari yang tadinya hanya sekedar relasi bisa menjadi teman atau dari yang tadinya hanya client bisa menjadi investor.

Ia juga semakin menyadari bahwa membuat koneksi, membantu orang lain menemukan perusahaan yang tepat di mana mereka dapat berkontribusi dengan keahlian mereka, serta membantu perusahaan mencari kandidat yang dibutuhkan adalah suatu hal yang bisa dibanggakan.

Lewat perusahaan agensinya ia pun kembali menemui masalah baru yang belum ada solusinya. Sebagai headhunter, ia seringkali menemui bahwa di Indonesia informasi terkait perusahaan besar masih kurang transparan. Ada kesenjangan informasi yang menyebabkan masih ada banyak orang yang tidak bisa mengambil keputusan terbaik untuk kariernya.

Mereka terpaksa melamar lowongan pekerjaan yang ada tanpa mengetahui bagaimana kondisi perusahaan tersebut karena terdesak kebutuhan,. Hasilnya, banyak yang orang yang tidak bahagia bekerja di perusahaannya saat ini. Itu juga yang salah satunya menyebabkan banyak dari kalangan generasi milenial mudah berpindah-pindah tempat kerja.

Berangkat dari hal tersebut, Veronika memberanikan diri untuk mendirikan Qerja.com tahun 2014 bersama Stephen Kohar. Qerja diharapkan dapat menciptakan sebuah komunitas di mana semua orang mampu berbagi informasi terkait gaji dan pengalaman selama bekerja di suatu perusahaan, yang bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang selama berkarier.

Menariknya saat itu, Veronika sendiri sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam bisnis teknologi sehingga ia hanya bisa mengandalkan kemampuan dan pengalamannya di bidang SDM. Tapi dengan tekad kuat dan kerja keras, ia berhasil membuat sebuah wadah daring yang lengkap dan menjawab pertanyaan banyak orang terkait karier dan pengembangan diri.

Di situs Qerja, seluruh informasi ini diisi oleh para pembacanya sendiri yang juga seorang pekerja di sebuah perusahaan. Para pembaca bisa berbagi informasi terkait gaji dan ulasan tempat kerja mereka. Tidak hanya sekedar mendapatkan informasi, tapi mereka juga bisa ikut berkontribusi bagi pembaca lain.

Lewat Qerja, para pencari kerja atau fresh graduates bisa mencari tahu informasi gaji sesuai gaji dan ulasan tentang perusahaan dari karyawan langsung. Selain itu informasi seputar gaji juga bisa dijadikan sebagai referensi bagi tim HRD (Human Resource Department) untuk mengetahui rata-rata gaji pada posisi tertentu di suatu industri.

Di bulan pertama setelah peluncurannya, situs ini telah dikunjungi lebih dari 50 ribu pengunjung. Inilah yang menjadikan Qerja cepat menjadi salah satu portal karier terbesar di Indonesia. Dalam kurun waktu delapan bulan, Qerja menerima pendanaan Seri A dari SoftBank Indosat Fund. Saat ini bisa dikatakan Qerja adalah portal kerja online terkuat di Indonesia.

Selain menjadikan Qerja sebagai situs yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi, secara rutin ia juga membagikan artikel-artikel berisi tentang karier dan pengembangan diri yang bermanfaat untuk menunjang karier para pembacanya.

Selain harus berusaha keras mempelajari bisnis teknologi yang berarti keluar dari zona nyamannya, tantangan lain yang dihadapi oleh perempuan yang dinobatkan sebagai Women of the Year 2019 oleh Her World Indonesia ini adalah menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif agar dapat bekerja secara maksimal dan memberikan banyak kontribusi terhadap kemajuan perusahaan. Ia sendiri menyadari dengan perubahan teknologi yang cepat dan silih berganti, ia tidak boleh berhenti belajar.

Setelah mengembangkan Qerja, ia melirik portal lowongan kerja online dengan mendirikan Jobs.id dan mengakuisisi Karir.com. Kedua situs lowongan kerja ini juga disambungkan dengan Qerja.com untuk memudahkan penggunanya dalam mengeksplorasi hal-hal terkait pengembangan karier. Qerja beberapa tahun belakangan sudah rutin menyambangi beberapa kota besar di Indonesia untuk menyelenggarakan job fair bersama Jobs.id dengan menggandeng perusahaan-perusahaan besar terkemuka di Indonesia.

Kepeduliannya atas nasib para pencari kerja tidak tumbuh begitu saja. Kerja keras dan keteguhan ibunya untuk keluarga dan orang-orang di sekitarnya lah yang berhasil menginspirasinya untuk tidak hanya membangun karier, tapi peduli untuk mendukung dunia rekrutmen di tanah air menjadi lebih baik.



Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
belum ada komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi