Mesty Ariotedjo, Dokter Multitalenta yang Berbagi Kebahagiaan Melalui Wecare.id

Sumber: mestyariotedjo.com

Muda, bertalenta, dan dermawan. Tiga komponen utama impian setiap diri seseorang sepertinya melekat pada Mesty Ariotedjo. Wanita yang saat ini berprofesi sebagai residen pediatri atau dokter spesialis anak ini juga dikenal sebagai musisi dan model di dunia hiburan.

Meski menggeluti tiga profesi yang berbeda dan berasal dari keluarga berada, tak lantas melunturkan rasa sosial yang ada didalam benaknya.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini memilih menjadi seorang dokter karena terinspirasi dari sang ibu yang suka menolong dengan cara yang berbeda. Ia pun merasakan ketika dia bisa memberikan hal sekecil apapun pada orang lain, ada perasaan bahagia yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Pilihannya tidak salah. Sejak berkuliah kedokteran, dia dipertemukan dengan banyak sosok yang sangat menginspirasinya untuk berbagi kebahagiaan sesama.

Berbekal pengalamannya sebagai dokter internship selama setahun di Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur, yang terkenal memiliki angka kematian bayi dan ibu tertinggi di Indonesia, ia berinisiatif untuk mendirikan sebuah situs penggalangan dana untuk masalah kesehatan yang diberi nama wecare.id pada Juli 2015 bersama Gigih Rezki Septianto, rekannya.

Hal ini dilatar belakangi oleh realita di lapangan tentang sulitnya akses fasilitas kesehatan di daerah terpencil yang disebabkan oleh minimnya fasilitas kesehatan, atau tidak adanya kepemilikan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) atau BPJS Kesehatan. 

Terkadang, meski telah memiliki BPJS Kesehatan, tidak semua penyakit ditanggung BPJS Kesehatan, menyebabkan banyak masyarakat Indonesia di daerah terpencil pada akhirnya tidak bisa berobat. Selain itu, bagi masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap, ia pun tidak mampu membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan.

Selama tiga tahun perusahaan ini berjalan, wecare.id telah berhasil mendanai 392 pasien di berbagai daerah di Indonesia dengan total donasi mencapai Rp 5.141.561.558 dari 12.502 donatur yang datang dari perseorangan maupun perusahaan yang ingin bergabung dengan proyek-proyek wecare.id.

Transparansi perkembangan donasi dari setiap proyek wecare.id juga turut menjadi perhatian perusahaan agar donatur bisa memantau perkembangan proyek yang didanainya. Tak hanya itu saja, wecare.id juga menggaet beberapa instansi dan rumah sakit untuk bekerja sama dengan mereka dalam mengembangkan kesehatan.

Dari hasil pengamatan Mesty, masyarakat Indonesia belum banyak yang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin sebagai langkah pencegahan penyakit. Baru-baru ini, wecare.id meluncurkan program Sehati untuk memenuhi kebutuhan medis jangka panjang pasien sekaligus menjadi donatur tetap bagi pasien wecare.id.

Jadi, ketika menjadi anggota Sehati, donatur bisa mendapatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan dan berdonasi untuk kebutuhan jangka panjang pasien tetap wecare.id yang berpenyakit khusus.

Selain sibuk mengambil program spesialis anak di RS Cipto Mangunkusumo, pemilik nama lengkap Dwi Lestari Pramesty Ariotedjo ini juga sejak berusia tiga tahun telah menaruh minat yang besar di dunia musik dengan mempelajari piano. Selain itu ia juga tekun mempelajari flute dan harpa di tahun 2007. 

Bahkan ia berhasil menyabet gelar Meritt dari Associated Board of The Royal Schools of Music atas kepiawaiannya bermain harpa dan ditunjuk menjadi duta besar Yayasan Musik Klasik Indonesia. Kecintaannya akan dunia sosial juga disalurkan dengan dibangunnya sekolah musik gratis di Jakarta bagi anak-anak kurang mampu, Children in Harmony.

Ditahun 2017 silam, di sela-sela kesibukannya praktik di rumah sakit, ia masih sempat menelurkan sebuah single instrumental dengan piano berjudul “Tentang Perempuan” yang inspirasinya didapat ketika ia menjadi dokter internship di Flores selama satu tahun.

Tak puas dengan prestasi di dunia medis dan musik, sejak kuliah ia telah meniti karir menjadi seorang model.  Beberapa merk ternama mempercayakannya sebagai model dalam iklannya seperti LG Electronics, Honda, dan Rumah Mode Biyan Wanaatmadja.

Ia juga berhasil didapuk untuk menjadi brand ambassador Sunsilk, brand ambassador Nivea sejak 2010-2012 dan mengukuhkan sebagai wanita Indonesia pertama yang berhasil menjadi brand ambassador Nivea, serta brand ambassador Lancome.

Buah dari kerja kerasnya selama ini pun menghantarkan Mesty untuk meraih beberapa penghargaan diantaranya Inspiring Young Leaders 2014 dan pemuda yang dianggap telah mendulang kesuksesan besar dibidang kesehatan dan sains dibawah usia tiga puluh tahun versi Majalah Forbes 2016. 

Selain itu, prestasi lain yang berhasil diraihnya adalah menjadi anggota termuda The World Economic Forum dari Indonesia pada tahun 2014 dan penerima The Young Health Scholar pada tahun 2014 dalam Konferensi Non Komersial (NCD) di Trinidad & Tobago.

Alumni SMA 8 Jakarta ini berprinsip supaya bisa sukses dan maksimal dibidang yang ditekuni, harus berkomitmen dalam menentukan skala prioritas agar skala waktunya bisa berjalan sesuai jadwal dan rencana.

 

Sumber:

https://www.finansialku.com/kisah-sukses-mesty-ariotedjo-wecare-id/

http://mestyariotedjo.com/

https://www.rappler.com/indonesia/gaya-hidup/185570-mesty-ariotedjo-kedokteran-kepedulian-kecantikan

http://senggang.republika.co.id/berita/senggang/blitz/17/10/16/oxwvak328-mesty-ariotedjo-terkesan-profesi-dokter-sejak-kecil

https://www.femina.co.id/article/mesty-ariotedjo-menaklukkan-jakarta

https://meetdoctor.com/article/wecare-id-wujudkan-misi-indonesia-sehat-merata


Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
0 komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi