Membumikan Bahasa Indonesia Melalui Jejaring Sosial

Sumber foto: id.wikipedia.org

Selama ini belajar bahasa Indonesia merupakan hal yang membosankan karena kita merasa itu merupakan bahasa ibu yang telah digunakan sehari-hari di berbagai situasi. Selain itu, sebagai penutur asli, kita merasa sudah tidak perlu mempelajari bahasa Indonesia lebih mendalam.  Padahal, jika ingin menengok orang-orang di sekitar kita dalam berbahasa, sebagian besar orang Indonesia masih belum sempurna dalam berbahasa karena seringkali masih mencampur adukkan istilah bahasa asing atau bahasa alay ke dalam percakapan sehari-hari.

Untungnya di era sekarang yang serba canggih ini, belajar bahasa Indonesia tidak lagi harus terpaku dari buku. Belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja berkat adanya akses internet.  Salah satunya melalui media sosial.  Bagi Anda yang ingin memperbaiki tata bahasa Indonesia Anda secara baik dan benar sesuai kaidah PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), silakan menekan tombol follow pada akun Twitter @ivanlanin.

Pemilik nama lengkap Ivan Razela Lanin ini mendadak mahsyur di dunia maya berkat kedisiplinannya dalam berbahasa Indonesia.  Ia bukan seorang berlatar belakang pendidikan sastra Indonesia atau pendidikan bahasa Indonesia.  Namun kemampuan linguistik bahasa Indonesianya patut diacungi jempol dan tidak perlu diragukan lagi. Ia seringkali memposisikan diri sebagai penasihat bahasa dalam upaya mengkoreksi penggunaan bahasa orang-orang disekitarnya.

Ketertarikannya untuk mempelajari bahasa Indonesia ini berawal dari keingin tahuannya untuk menelusuri informasi mengenai pajak di wikipedia.  Sewaktu ia membaca informasi tersebut melalui wikipedia berbahasa Inggris, ia menemukan banyak sekali informasi yang cukup lengkap.  Tetapi ketika ia menelusuri wikipedia berbahasa Indonesia, ternyata sangat sedikit informasi yang ia dapatkan.  Dari sana ia tergerak untuk mengisi wikipedia berbahasa Indonesia supaya lebih banyak orang-orang yang membutuhkan informasi berbahasa Indonesia di wikipedia lebih terbantu.

Setelah membuat akun wikipedia, ia kemudian sadar bahwa kemampuannya berbahasa Indonesia secara formal sangatlah terbatas.  Ia merasa lebih fasih berbahasa Inggris daripada berbahasa Indonesia.  Lalu ia memutuskan untuk membeli semua buku kamus mengenai kaidah bahasa Indonesia, termasuk thesaurus, KBBI, dan PUEBI.  Ia mempelajari seluruhnya secara otodidak.

Tak ingin berhenti di wikipedia.  Ia juga menerapkan kedisiplinan berbahasanya didalam kehidupan sehari-hari dalam membuat status di media sosial maupun dalam percakapan sehari-hari.  Akun twitternya pun menjadi ramai untuk tempat berkonsultasi bagi warganet yang membutuhkan masukan mengenai kaidah berbahasa Indonesia.  Lulusan magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia ini juga seringkali membagikan informasi penting kepada pengikutnya mengani padanan istilah baru dalam bahasa Indonesia dari bahasa asing.

Kini ia memiliki jumlah pengikut twitter sebanyak 500.000 lebih pengikut. Ia sendiri mengalokasikan waktunya selama enam jam di akhir pekan untuk membalas pertanyaan-pertanyaan yang datang dari warganet mengenai kebahasaan.  Berkat totalitasnya dalam berbahasa, ia pernah diganjar penghargaan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai Peneroka Bahasa Indonesia Daring 2016.

Profesinya yang tak lepas dari dunia IT juga membuatnya untuk berkontribusi lebih di bahasa Indonesia dengan membuat program berupa tesaurus, KBBI, dan PUEBI terpadu.  Ia juga pernah dipercaya untuk menjadi penerjemah bahasa Indonesia untuk Google.  Tak hanya itu saja.  Ia bekerja sama dengan alih bahasa mozilla firefox dalam menerjemahkan program browser mozilla firefox edisi bahasa Indonesia.

 

Sumber:

https://inet.detik.com/cyberlife/d-3698118/mengenal-ivan-lanin-nyasar-ke-wikipedia-malah-jadi-ahli-bahasa

https://www.brilio.net/creator/belajar-bahasa-indonesia-jadi-menyenangkan-bersama-ivan-lanin-bc-091744.html

https://mojok.co/redaksi/corak/movi/ivan-lanin-saya-wikipediawan-bukan-kamus-berjalan/

https://mojok.co/agus-mulyadi/liputan/gemetar-di-hadapan-ivan-lanin/

https://www.gatra.com/rubrik/hiburan/apa-siapa/313221-Membumikan-Bahasa-ala-Ivan-Lanin

0 komentar
Berikan komentar anda
Anda harus Login untuk komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi