Melalui Kreasi Aksesoris Rinaldy Yunardi Bersinar di Hollywood

Sumber gambar: kompas

Dunia fesyen Indonesia saat ini tidak hanya terpaku pada desain pakaian saja, tapi juga melibatkan desain aksesoris lain untuk mendukung penampilan supaya terlihat lebih menarik.

Selain sederet desainer fesyen tanah air yang sudah mulai menjajaki panggung pagelaran busana internasional seperti Dian Pelangi, Tex Saverio, dll., ada nama Rinaldy Averio Yunardi atau biasa dikenal Rinaldy Yunardi yang karya aksesorisnya telah dipakai oleh berbagai artis mancanegara seperti Katy Perry, Madonna, Nicki Minaj, Taylor Swift, Kylie Jenner, dsb.

Rinaldy sendiri bukan dengan sengaja berkecimpung di dunia fesyen aksesoris. Pria kelahiran 1970 silam ini bahkan tidak pernah bermimpi untuk menjadi seorang desainer besar yang sukses seperti saat ini. Bahkan ia sendiri tidak pernah mengenyam pendidikan fesyen sama sekali.

Bungu dari tiga bersaudara ini hanyalah tamatan SMA. Lahir dan tumbuh besar di Medan dari kedua orang tua yang berasal dari Aceh, ia bersekolah hingga jenjang SMA di Jakarta. Setelah lulus, keluarganya sempat menyarankannya untuk berkuliah, tapi ia enggan karena takut merepotkan keluarga.

Setelah tamat SMA, ia memutuskan untuk bekerja di sebauh perusahaan mobil sebagai marketing officer. Saat itu tugasnya hanya menerima telepon dan pesanan. Ia seringkali dipindah di berbagai departemen di perusahaan, mulai mengurus masalah kreditur dan debitur hingga mengurus kasir dan pajak pernah dilakoninya.

Bekerja di perusahaan mobil hingga 2-3 tahun membuatnya sedikit banyak memahami ilmu manajemen perusahaan. Ilmu tersebut yang menjadikannya bekal untuk berbisnis hingga saat ini.

Keluar dari perusahaan mobil, pemilik nama asli Rinaldy Arvino Yunardi bertemu dengan desainer gaun pengantin yang terkenal di era ‘80an, mendiang Kim Thong. Dari sana ia mulai berkenalan dengan produk mahkota yang diimpor dari luar negeri, meskipun buta untuk urusan desain dan produksi.

Tak lama ia bekerja bersama mendiang Kim Thong, ia memutuskan untuk pindah ke perusahaan elektronik milik sang abang. Di sela-sela waktu istirahat, ia iseng mengutak-atik barang yang ada di pabrik seperti akrilik, kabel, wire card, dan perlengkapan elektronik lainnya. Dari hasil isengnya tersebut, ia membuat tiara dengan detail Victorian.

Tertarik untuk menekuni aksesoris, ia pun mulai menyisihkan gaji bulanannya untuk membeli berbagai bahan untuk membuat aksesoris seperti akrilik, payet, lem, cat, kristal, gunting, dan kawat. Darah seninya bisa dibilang mengalir dari sang ibu yang pernah mengajar kursus keterampilan membuat bunga dari kertas crep.

Pria yang akrab disapa Yungyung ini berteman dekat dengan desainer kondang Indonesia, Sebastian Gunawan dan Didi Budiarjo. Kedua desainer inilah yang mendorong dan mendukung karier Rinaldy untuk konsentrasi penuh berkarier sebagai desainer aksesoris fashion.

Di tahun 1997, ia memulai debut karyanya dengan membuat tiara pengantin untuk mendukung gaun pengantin yang telah didesain oleh dua sahabat karibnya tersebut. Ternyata dari sana banyak yang menyukai karya-karya aksesorisnya, sehingga ia menerima banyak pesanan rancangan aksesoris.

Untuk berkonsentrasi sebagai perancang, ia pun akhirnya memutuskan untuk mundur dari perusahaan sang abang. Dari sana pesanan pun berdatangan hingga namanya mulai diperhitungkan sebagai desainer aksesoris ternama di tanah air yang karyanya banyak digunakan oleh para selebriti seperti Titi DJ, Syahrini, Rossa, Krisdayanti, dll.

Headpiece Rancangan Rinaldy Yunardi yang Pernah Dikenakan Syahrini (Sumber: LINE Today)

Sebetulnya, profesi yang digeluti oleh Rinaldy ini memiliki sebutar profesional yakni, fashion art accessories designer karena karyanya cenderung ke arah fashion daripada jewellery atau perhiasan dengan setuhan hati sang kreator.

Untuk menghasilkan karya yang unik dan berkualitas, ia mendapatkan bahan baku dan inspirasinya darimana saja. Biasanya ia berburu bahan mentah dan setengah mentah di dalam dan luar negeri. Jika sedang ke luar negeri, ia mewajibkan diri untuk berbelanja di pasar lokal tradisional setempat untuk mendapatkan bahan yang unik.

Rinaldy sendiri bukan tipe desainer yang memiliki ritme kaku, dimana ia biasa untuk terbuka dengan segala macam bahan baku untuk membuat sebuah karya. Baginya, saat ada bahan baku lucu dan unik, ia bisa membeli saat itu juga meski belum memiliki gambaran mengenai rancangan aksesoris yang akan dibuatnya.

Dia tidak memungkiri bahwa bahan baku dari luar negeri masih memiliki kualitas yang lebih unggul daripada di dalam negeri. Indonesia memang memiliki bahan baku yang bagus tapi masih terkendala dalam masalah pengolahan.

Rancangan Rinaldy sendiri ditargetkan untuk pasar dari kalangan menengah keatas yang berusia mulai dari 20 tahunan. Harga yang paling murah sendiri dibanderol seharga Rp 500.000,00 hingga tak terhingga, tergantung kerumitan dan bahan baku rancangan aksesoris tersebut.

Untuk harga yang termurah sekalipun, ia selalu menerapkan eksklusivitas pada setiap desainnya, dimana hanya akan ada maksimal tiga item yang tersedia dengan warna berbeda untuk satu desain. Baginya menjaga eksklusivitas desain agar karya yang dihasilkan tidak terkesan pasaran.

Dengan semangatnya yang pantang menyerah dan selalu mengerjakan setiap karya dengan sepenuh hati, ia akhirnya mampu menembus pasar internasional dibantu oleh rekannya, Faye Liu dari The Clique yang mengurus pemasaran karya Rinaldy untuk pasar internasional yang berbasis di Hong Kong.

Artis mancanegara yang pertama kali mengenakan aksesoris rancangan Rinaldy adalah Aaron Kwok, penyanyi asal Hong Kong, yang mengenakan headpiece dan topeng buatannya dalam konser World Tournya di Hong Kong pada 2016 lalu.

Aaron Kwok dalam Konser World Tour 2016 di Hong Kong Mengenakan Headpiece Rinaldy (Sumber: Dewimagazine.com)

Kemudian Tex Saverio, desainer busana Indonesia yang ditunjuk untuk merancang busana bagi model Victoria's Secret, mengajaknya untuk merancang aksesoris dalam pagelaran Victoria’s Secret Fashion Show 2016 di Paris, Perancis.

Lalu 2017 silam, penyanyi Katy Perry memercayakan rancangan sepatu kepada Rinaldy untuk video klipnya, Chained to the Rhytm.

Penyanyi Katy Perry Mengenakan Sepatu Rancangan Rinaldy di MV Chained to the Rythm (Sumber: Wollipop)

Penyanyi Nicki Minaj tak ketinggalan untuk memercayakan rancangan masker antik untuk video klip bersama Drake dan Lil Wayne, No Frouds.

Headpiece Rinaldy yang Dikenakan Nicki Minaj dalam MV No Frauds (Sumber: Highend Magazine)

Setelah pagelaran Jakarta Fashion Week 2016, ia ditunjuk untuk menjadi desainer yang merancang national costume untuk Indonesia di ajang Miss Universe 2017 yang digunakan oleh Bunga Jelitha Ibrani.

Tangan kreatif Rinaldy turut menyumbang karya aksesoris yang digunakan para penampil di upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang lalu. Ini membuktikan eksistensinya di dunia industri kreatif semakin diperhitungkan.

Desainer yang pernah bercita-cita untuk merancang aksesoris bagi ratu penyanyi pop Madonna akhirnya terwujud tatkala pihak Madonna memintanya untuk merancang aksesoris bagi sang biduan untuk dikenakan saat Met Gala 2018.

Madonna Mengenakan Mahkota Nyentrik Karya Rinaldy di Acara Met Gala 2018 (Sumber: Elle Indonesia)

Jajaran artis internasional lainnya yang menggunakan rancangan Rinaldy adalah Ariana Grande, Taylor Swift, Madonna, Rihanna, Bebe Rexha, Gal Gadot, Mariah Carey, Shakira, Janet Jackson, Christina Aguilera, Beyonce, Tinashe, Winnie Harlow, Coco Rocha, Leighton Meester, Rita Ora, hingga Kylie Jenner dan Khloe Kardashian.

Tiga kali mengadakan pameran tunggal, membuat ia beberapa kali telah memenangkan penghargaan seperti The Best Accessories Designer of the Year 2004 dari Nokia Fashion Award dan pemenang World of WearabaleArt 2018 mewakili Indonesia.

 

 

Sumber:

https://www.jawapos.com/entertainment/lifestyle/15/07/2018/dimulai-dari-bakat-yang-tak-disengaja-rinaldy-yunardi-dikenal-dunia

https://www.moneysmart.id/rinaldy-yunardi-desain-kostum-penari-asian-games/

https://entertainment.kompas.com/read/2017/06/19/143118910/rinaldy.a.yunardi.desainer.indonesia.di.balik.boots.katy.perry

http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/11/2018/14977/15-karya-rinaldy-yunardi-untuk-selebriti-hollywood

https://www.jawapos.com/entertainment/lifestyle/15/07/2018/dipakai-selebriti-dunia-desainer-rinaldy-yunardi-bongkar-harga

https://www.gulalives.co/20-tahun-perjalanan-rinaldy-a-yunardi-dan-semangat-pantang-menyerah/

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/1109697-rinaldy-a-yunardi-kaget-bandana-rancangannya-dipakai-rihanna

http://wanitaindonesia.co.id/index.php?view=viewarticle&id=18010033

http://indonesianpageants.com/international/miss-universe/mengenal-lebih-dekat-rinaldy-yunardi-designer-national-costume-indonesia-di-miss-universe-2017



Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
belum ada komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi