David Soong: Dari Cinta Akhirnya Menghasilkan Duit

Axioo Photography. Nama yang sudah tidak asing lagi di dunia fotografi Indonesia sebagai salah satu perusahaan fotografi yang diperhitungkan di jagat industri fotografi wedding dan pre-wedding

Ditambah lagi dengan adanya tren di masyarakat untuk mengabadikan momen istimewa seperti pernikahan dengan sebaik mungkin supaya dapat dikenang di kemudian hari. 

Tentunya ini menjadi lahan subur bagi para fotografer wedding yang sudah menanti momentum tersebut.

David Soong, salah satu fotografer Indonesia, berhasil menangkap peluang tersebut dengan mendirikan Axioo Photography di Jakarta pada tahun 2002. 

Berawal dari hobi memotret di akhir pekan sebagai pelepas penat kala menjadi karyawan kantoran, ia kerap kali diminta oleh teman-temannya untuk memotret acara pernikahan.

Tanpa sadar, hal tersebut akhirnya mengasah kemampuannya dan menguatkan minatnya dalam dunia memotret.  Meski demikian, tak lantas untuk serius menggeluti dunia bisnis fotografi membuatnya percaya diri. 

Ia sempat pesimis karena merasa tidak pernah mengenyam pendidikan fotografi dan kebutuhan akan jasa memotret pada saat itu belum booming di tengah masyarakat.

Namun dengan penuh keyakinan, David akhirnya tetap terjun ke dunia fotografi secara purna waktu dan meninggalkan pekerjaannya sebagai karyawan di sebuah perusahaan di Jakarta. 

Lambat laun, banyak orang yang menyadari dan memahami bahwa merogoh kocek untuk mengabadikan sebuah momen penting dalam perjalanan hidup manusia itu tidaklah buruk.

Nantinya mereka bisa mengenang momen tersebut setelah beberapa waktu berlalu. Tentunya apabila momen tersebut diabadikan dengan indah dan mengandung nilai seni tinggi, akan lebih indah untuk dikenang. 

Axioo Photography pun semakin berkibar namanya ditengah industri fotografi di ibu kota sebagai salah satu fotografer yang cukup diperhitungkan ditengah menjamurnya jasa fotografi ibu kota. 

Tidak terhitung hingga kini, sudah ratusan selebriti, sosialita, dan influencer ibu kota yang menggunakan jasa fotografi Axioo untuk mengabadikan momen penting hidup mereka. 

Axioo pun semakin berkembang dengan melebarkan sayap ke Bali dan Australia.  Tidak hanya melayani fotografi wedding dan pre wedding, foto keluarga dan kelahiran anak-anak juga masuk kedalam daftar layanannya.

Tak puas dengan kesuksesan Axioo Photography, David pun kembali melihat celah bahwa banyak orang yang sedang berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, ingin diabadikan momen liburan mereka ke dalam potret berkualitas ala fotografer profesional. 

Hal ini juga berdasarkan pengalaman pribadinya ketika berlibur sekeluarga ke Paris. Kebanyakan foto liburan didominasi oleh anak-anak dan istrinya.

Jika ingin foto lengkap, ia harus meminta tolong pada masyarakat lokal yang sedang lewat atau dengan selfie. Tentu hasilnya tidak sebagus dibandingkan jepretan fotografer profesional.

Namun membawa fotografer dalam perjalanan bukanlah ide bagus karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan klien.  Disini ia mencoba menjawab tantangan tersebut dengan mendirikan Sweet Escape Photography yang berfokus pada fotografi liburan dengan fotografer lokal sesuai kota tujuan klien di tahun 2015.

Klien cukup merogoh kocek kurang lebih sebesar 3,9 juta rupiah selama dua jam untuk pemotretan liburan bersama fotografer lokal sesuai kota tujuan wisata kita. 

Nantinya klien akan mendapatkan empat puluh foto yang bisa diunduh melalui aplikasi di smartphone dan bisa langsung diunggah ke media sosial. 

Keuntungan menggunakan fotografer lokal sendiri adalah fotografer bisa mengarahkan klien untuk berfoto di tempat yang tidak umum namun memiliki angle foto yang menarik.

Selain itu dari segi biaya jauh lebih ekonomis daripada membawa fotografer dalam perjalanan klien. 

Hingga saat ini selama satu setengah tahun berjalan, Sweet Escape telah melayani ribuan klien dalam perjalanan mereka dan bekerja sama dengan ratusan fotografer lokal di berbagai kota di dalam maupun di luar negeri.

Sudah tidak terhitung pula public figure dalam maupun luar negeri yang turut menggunakan jasa fotografi ini untuk menemani perjalanan liburan mereka, dan terbukti banyak klien yang mengaku puas akan hasil potret liburan mereka bersama Sweet Escape.

 

Sumber:

https://www.linkedin.com/in/david-soong-63107190/

https://daily.oktagon.co.id/inovasi-dan-gebrakan-baru-david-soong-di-bidang-fotografi/

https://swa.co.id/swa/profile/profile-entrepreneur/jasa-fotografi-liburan-david-soong

http://lensa.fotokita.net/2017/05/david-soong-karya-menonjol-dimulai-dari-mencintai-yang-dilakukan/

https://id.techinasia.com/kisah-sukses-sweetescape-aplikasi-pemesanan-fotografer


Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
0 komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi