Cilik-Cilik Jagoan Rap di Kancah Internasional

Sumber: Los Angeles Times

Generasi milenial tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu penyanyi rap asal Indonesia yang telah melebarkan sayap kariernya ke negeri Paman Sam. Ya, dialah Brian Immanuel atau Rich Brian. Pemilik nama beken Rich Chigga ini sebelumnya tidak pernah terpikir untuk menekuni dunia musik sebagai jalan kariernya.

Remaja asal Jakarta ini tidak pernah mencicipi pendidikan formal di sekolah umum. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya membantu bisnis kafe orang tuanya, sehingga orang tuanya memilih homeschooling sebagai alternatif pendidikan Brian. Ditengah kesibukan orang tuanya, ia memiliki banyak waktu menyendiri.

Sosok yang dikenal anti sosial oleh keluarganya ini, sejak kecil telah nyaman berkutat dengan rubik. Ia menggunakan komputer orang tuanya untuk mencari strategi menyelesaikan rubik lebih cepat. Dari sana ia menemukan YouTube, kemudian bergabung di Twitter ketika ia baru berusia 11 tahun.

Dari Twitter, ia menjalin pertemanan dengan komunitas Twitter Amerika Serikat. Dari pertemanan tersebut, dia mulai mengenal lagu hip-hop. Namun karena kemampuan bahasa Inggris yang masih kurang, baginya menyanyikan lagu hip-hop dengan tempo cepat dalam bahasa Inggris sangat menyusahkannya. Ia pun berlatih bahasa Inggris melalui YouTube dengan cara mendengarkan dan menirukan lagu-lagu dari penyanyi rap.

Untuk pertama kalinya Brian merilis single berjudul “Living the Dream” pada tahun 2015 di akun YouTube miliknya. Di tahun 2016, ia merilis single lagi yang berjudul “Dat $tick”. Lagu ini menjadi fenomenal dan ditonton lebih dari 89 juta pasang mata di YouTube. Selain itu, lagu ini juga sukses mencuri perhatian para penyanyi rap Amerika Serikat seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, Desiigner, dll. “Dat $tick” berhasil menduduki peringkat empat di tangga lagu Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles.

Ia merilis single ketiganya berjudul “Who That Be” di iTunes pada Agustus 2016. Tak lama, ia merilis versi remix “Dat $tick” berkolaborasi bersama penyanyi hip-hop populer masa kini, Ghostface Killah dan Pouya. Single keempatnya “Seventeen” juga dengan cepat dinikmati oleh jutaan warganet di YouTube dan SoundCloud.

Pertengahan tahun 2017 Brian mengawali tur Amerika perdananya dan mendapat sambutan baik dari penggemar hip-hop Amerika. Setelah tur, ia merilis single “Gospel” bersama XXXTentacion dan Keith Ape. Pemenang Indonesian Choice Awards ke-4 sebagai Breakthrough Artist of The Year ini semakin serius mempersiapkan album debutnya di Los Angeles.

Sepanjang 2017, Brian merilis lagu “Glow Like Dat”, “Chaos”, dan “Crisis” berkolaborasi bersama 21 Savage. Ia juga mengadakan tur nasional bertajuk “Come to My Party Tour” di Amerika pada 9 September-21 November 2017.

Mengawali 2018, Brian resmi merilis single “See Mee” dari album perdananya yang berjudul “Amen”. Ia sendiri terlibat banyak dalam penulisan lagu dan aransemen musik dalam album ini. Single yang diluncurkan di tahun 2017 juga dimasukkannya ke dalam album tersebut. Dilansir dari rhymehiphop.com di Liputan6.com, “Amen” berhasil menduduki peringkat pertama di tangga lagu hip-hop iTunes, mengalahkan album Kendrick Lamar.

Prestasi penyanyi yang pernah diundang dalam acara “Late Late Show with James Corden” ini juga semakin bersinar ketika ia menjadi cover dalam kategori “Sports and Entertainment” Forbes 30 Under 30 Asia 2018 dengan label “Featured Honoree”. Ia juga masuk dalam kategori “Celebrity” yang mana daftar artis yang bisa memanfaatkan ketenarannya untuk menginspirasi banyak orang.

Keberhasilan Rich Brian di dunia hiburan menunjukkan bahwa umur bukanlah penghalang untuk sukses dan menginspirasi banyak orang. Ia pun mampu tampil sebagai generasi muda yang mampu memanfaatkan media sosial untuk meniti karier dan membanggakan Indonesia.

 

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Rich_Brian

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/05/14341401/mengenal-rich-brian-rapper-indonesia-pencetak-sejarah-di-as

http://www.bbc.com/indonesia/majalah-42984912

https://business.idntimes.com/economy/putriana-cahya/rich-brian-masuk-daftar-forbes-30-under-30-asia-1/full

https://www.liputan6.com/showbiz/read/3259442/rapper-indonesia-rich-brian-taklukkan-kendrick-lamar


Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
0 komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi