Arief Muhammad 'Poconggg': Meraih Sukses Dibalik Anonimitas

Sumber gambar: Youtube

Berawal dari keisengan untuk membuat akun Twitter dengan nama hantu, siapa sangka jika ia bisa meraih popularitas di dunia maya dan menjemput rezeki di kemudian hari dari sana.

Untuk kamu yang telah menggunakan media sosial Twitter di tahun 2010, pastinya sudah tidak asing dengan salah satu user Twitter bernama @poconggg.

Akun yang mirip dengan salah satu hantu yang populer di Indonesia ini sering membagi cuitan kocak dengan kata-kata lawakan yang mampu menghibur orang di dunia pertwitteran. Tidak heran jika akun tersebut berhasil melejit di kalangan pengguna Twitter dan meraih jutaan jumlah pengikut.

Akun ini sering membuat cuitan tentang kehidupan asmara yang sering disebut cerita galau dan kisah horor setiap malam jumat. Tidak jarang topik yang dibahasnya sering muncul dalam daftar trending topics Twitter.

Dikutip dari JPNN, Arief menuturkan bahwa akun @poconggg yang dibuatnya terinspirasi dari akun Twitter @PocngAsli yang sudah terlebih dahulu eksis di dunia pertwitteran dengan cuitannya yang lucu-lucu. Tapi tidak disangkanya jika dalam setahun ia mampu meraup 100.000 followers.

Sebagai hantu pocong dunia maya, tidak pernah sekalipun Arief membagi identitas dirinya di publik. Hingga suatu ketika, salah seorang akun bernama Dracula Edogawa membongkar misteri di balik pemilik akun @poconggg.

Dunia pertwitteran Indonesia pun sempat geger dengan skandal ini karena @pocongg menghilang beberapa hari.

Setelah sempat menghilang, Arief memutuskan untuk kembali dengan identitas dirinya sendiri. Tapi justru hal tersebut yang membuatnya malah semakin dikenal publik dan dikenal sebagai selebtweet Indonesia.

Sebelum identitasnya sebagai @poconggg terbongkar, ia memutuskan untuk menulis buku yang berjudul Poconggg Juga Pocong di tahun 2011.

Saat proses penulisan buku, dia pernah membuat kehebohan dengan mengundang followe­rs-nya untuk menyerbu Citos di hari kerja dan membawa payung bagi siapapun yang ingin namanya dimasukkan ke dalam bukunya.

Seruannya di Twitter tentang hal tersebut ternyata direspon oleh banyak orang diluar dugaan Arief. Karena kehebohan tersebut, bukunya bisa laris manis di pasaran.

Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi hingga buku tersebut diangkat ke layar lebar pada tahun yang sama dan meraup jumlah penonton yang cukup tinggi.

Sukses dengan menerbitkan buku dan merilis film, suami Tiara Pangestika ini bersama beberapa kawan sesama blogger seperti Raditya Dika dan Benazio Putra (pemilik akun Bena Kribo), membuat sebuah situs media online bernama nyunyu.com di akhir tahun 2011.

Eksistensi Arief pun semakin melebar kala ia terjun di platform Instagram dan YouTube karena mulai banyak pengguna media sosial di Indonesia yang bermain di dua platform tersebut.

Keterampilan dan kreativitasnya dalam blogging dan tweeting sebelumnya membantunya untuk berkreasi lebih banyak di Instagram dan YouTube. Ia memulai akun YouTube dan Instagram dengan berbagai macam video konyol dan tips kekinian yang sedang tren di kalangan anak muda.

Baca jugaBiografi - Joko Widodo

            Sulit Cari Jasa, Anthony Gunawan Akhirnya Ciptakan Aplikasi Tuupai

Meraih popularitas di kanal YouTube dan Instagram pun menjadi lebih mudah bagi Arief karena banyak penontonnya yang antusias dengan konten-kontennya yang lucu dan menarik.

Selain rajin membagi video lucu dan tips teranyar, ia juga tidak sedikit membuat vlog video kehidupan sehari-hari yang dimulai saat ia melamar sang istri, Tiara Pangestika.

Popularitasnya pun semakin menanjak dan semakin dikenal oleh banyak orang. Konten-kontennya yang ringan dan menarik menjadi mudah diterima oleh banyak penikmat di kalangan anak muda.

Subscriber-nya terus bertambah hingga sekarang sudah menembus angka 1,7 juta lebih saat tulisan ini dibuat.

Dengan jumlah subscriber yang tidak sedikit, Arief cukup banyak melakukan kerjasama sponsor dengan beberapa brand yang bisa memenuhi kebutuhan konten YouTubenya, seperti segmen TRAVEL VLOGGG yang disponsori oleh perusahaan hingga membuatnya dan istrinya bisa melancong ke luar negeri. Selain itu, Ia juga pernah membuat video office tour ke beberapa perusahaan.

Bisa dibilang ia adalah salah satu content creator YouTube yang sukses di Indonesia karena tidak jarang video-video yang diunggahnya masuk ke dalam trending YouTube.

Menurut situs Social Blade sendiri, pendapatan yang diperoleh Arief dari Youtube bisa mencapai US$ 3.000-46.500 atau 42 juta rupiah hingga 650 juta rupiah.

Sebagai seorang YouTuber, ia tidak lantas melupakan pendidikannya yang sempat terbengkalai. Ia berhasil menjadi sarjana hukum di tahun 2014 dari Universitas Tarumanegara.

Kepopuleran pria berdarah Minangkabau ini juga membuatnya mendapat kesempatan berharga, seperti menjadi tamu kehormatan dalam promosi film Thor: Ragnarok di bulan Oktober 2017.

Ia juga diundang untuk hadir di acara Premiere & Red Carpet Avengers Infinity Wars di Singapura beberapa waktu silam.

Penerima penghargaan Influencer of the Year dan Top Youtube Personality di ajang penghargaan Influence Asia 2017 di Malaysia ini juga tidak ingin hanya sibuk di industri kreatif. Ia tak segan-segan untuk terjun ke dunia bisnis kuliner.

Bisnis-bisnisnya yang cukup terkenal dengan harga terjangkau dan rasa yang enak di kalangan anak muda, antara lain Oppai Yakitori, Cakekinian, dan Mie Bangcad. Ia sendiri didaulat sebagai brand ambassador yang sudah go international, Erigo Store.

Berkarier tidak sesuai jurusan saat kamu kuliah bukan berarti kamu tidak sukses. Arief sendiri membuktikan, meskipun ia lulusan hukum ia mampu bersaing dan bertahan di industri kreatif di tengah ketatnya persaingan industri kreatif di Indonesia.

Menjadi seseorang yang inovatif, kreatif, dan berkualitas tentu tidak bisa mengantarkan kita pada kesuksesan-kesuksesan lain yang tidak terduga.

           

 

Sumber:

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3813310/arief-poconggg-muhammad-mengawali-kesuksesannya-dari-twitter

https://id.wikipedia.org/wiki/Arief_Muhammad

https://loop.co.id/articles/loop-kepo-arief-muhammad-terkenal-karena-sempat-jadi-pocong/full

https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/nominee-arief-muhammad-pocong-fenomenal-raih-predikat-jadi-influencer-kondang-3bffbb.html

https://kinibisa.com/inspirasi/detail/influencer-media-sosial/arief-muhammad-anonimitas-berujung-kesuksesan

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/05/10/arief-muhammad-salah-satu-anak-bangsa-yang-terkenal-di-kancah-internasional

https://www.youtube.com/channel/UCGd6ly1Govd77mjyvSKjRtA



Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
belum ada komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi