Akhyari Hananto: Meningkatkan Optimisme Terhadap Indonesia Melalui GNFI

Niatnya sederhana saja.  Ingin membagikan berita baik tentang Indonesia karena di masa itu, media seolah terus-menerus menggempur masyarakat dengan berita buruk tentang Indonesia sehingga menghasilkan persepsi negatif mengenai negeri sendiri di masyarakat. 

Ditambah lagi, media massa di luar negeri pun hanya mengetahui bahwa Indonesia ini dipenuhi masalah sosial seperti korupsi, tawuran antar pelajar, demo, pembunuhan, kerusuhan, serangan bom, dsb.

Prestasi membanggakan tanah air seolah tertutupi dan tidak mendapatkan ruang untuk unjuk gigi di media. Kalaupun ada media yang mengangkat berita tersebut, berita tersebut tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Hal inilah yang akhirnya mendasari Akhyari Hananto mendirikan Good News From Indonesia atau biasa dikenal GNFI melalui website resmi dan twitter pada tahun 2008.

Akhyari atau biasa disapa Ari, menuturkan bahwa saat itu ia ingin masyarakat lebih tahu bahwa banyak hal-hal positif dan membanggakan dari bumi pertiwi ini supaya masyarakat lebih optimis terhadap negerinya sendiri. 

Untuk itulah, GNFI mengusung motto “Restoring Optimism, Rebuilding Confidence” yang berarti mengembalikan opstimisme dan membangun kembali kepercayaan diri masyarakat Indonesia akan negerinya sendiri. 

Meski menurutnya saat itu termasuk terlambat untuk memulai, namun jika tidak dimulai sama sekali tentu akan lebih berbahaya.

Selama ini untuk mengisi konten website GNFI, Ari dibantu oleh beberapa kontributor dan internal redaksi baik didalam maupun diluar negeri.  Selain itu, bisa juga mencari berita tentang Indonesia melalui artikel terbitan media luar negeri. 

Konten yang ditampilkan GNFI pun beragam mulai dari tentang politik, ekonomi, pariwisata, pendidikan, hiburan, dll.  Namun yang mendominasi adalah berita-berita positif tentang Indonesia dibidang ekonomi, pariwisata, dan pendidikan.

Pembaca GNFI datang dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, pejabat negara, menteri, dosen, hingga wartawan. 

Banyak dari pembaca tersebut menghubungi Ari secara langsung untuk menyampaikan ide dan aspirasinya terhadap GNFI.  Dari tahun ke tahun, pembaca GNFI pun lebih tersegmentasi antara mendukung atau menolak berita positif tersebut.

GNFI ini pula yang berhasil mengantarkan Ari untuk menerima penghargaan dari majalah The Marketeers sebagai “100 Young Netizen Paling Berpengaruh 2011”.

Hal ini dikarenakan ia dianggap sebagai warganet generasi muda Indonesia yang banyak memberikan dampak pengaruh positif ke lingkungan sekitarnya dengan gencar menyebarkan berita-berita positif tentang Indonesia melalui GNFI.

Selain itu, agar masyarakat Indonesia bisa lebih optimis dengan bangsanya sendiri yang tentunya dapat menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan. 

Apalagi selama ini, nasionalisme masyarakat Indonesia baru bangkit ketika bersinggungan dengan timnas sepakbola, badminton, terorisme, dan Malaysia.

Setelah melalui perjalanan selama satu dasawarsa, banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh GNFI dalam memberikan dampak-dampak positif ke masyarakat milenial Indonesia melalui dunia maya. 

Banyak masyarakat yang mendukung dan semakin tertarik untuk mengetahui prestasi apa saja yang telah diukir oleh bangsa ini maupun anak bangsa. 

Tak hanya itu saja, rasa cinta tanah air didalam dada masyarakat pun bisa terbangun dari membangun rasa optimisme generasi muda terhadap bangsanya.



Berikan komentar anda
Anda harus Masuk untuk memberikan komentar
belum ada komentar
×
logo-kenangan Download aplikasi