Sebelum Meninggal, Pastikan Kamu Sudah Melakukan Hal Baik Ini

Kematian itu akan selalu menjadi misteri yang tidak pernah diketahui oleh siapapun. Kematian juga tidak memandang usia. Bisa jadi menimpa pada seseorang di usia muda ataupun usia tua. Sebagai manusia yang fitrah sebenarnya adalah lebih menyukai kebaikan, tentu saja kita ingin dikenang dengan hal-hal baik yang pernah kita lakukan selama hidup di dunia.

Kita ingin dikenang sebagai orang baik semasa hidup. Apakah itu sulit? Tidak, karena berbuat baik itu pada dasarnya tidak sulit dan sebenarnya seperti investasi ke diri sendiri. Ketika memberi kebaikan kepada orang lain, kita juga berbuat kebaikan kepada diri sendiri, lho. Mulai dari sekarang, sebelum ajal menjemputmu kamu harus membiasakan hal-hal baik berikut ini setiap hari:

  1. Berbuat Baik kepada Setiap Orang

Jadi orang baik itu susah? Nggak juga, asalkan kita mau memulai dari hal-hal kecil, seperti tersenyum pada orang-orang yang Anda temui. Membiasakan untuk mengungkapkan tiga hal krusial ini: tolong ketika meminta bantuan kepada orang lain, terima kasih ketika kita telah menerima bantuan, dan maaf ketika kita melakukan kesalahan terhadap orang lain.

Belajar untuk mulai ringan dalam membantu orang lain juga membuat kamu akan lebih mudah dibantu orang lain di kemudian hari.

 

  1. Pelajari dan Kerjakan

Sebuah rencana akan hanya menjadi rencana jika kita tidak pernah ada aksi untuk mengerjakannya. Cari dan temukan apa yang menjadi minat dan cita-citamu, lalu mulai kembangkan dari hal-hal kecil secara konsisten. Konsistensi inilah yang nantinya bisa mengantarkan Anda pada hal-hal besar di kemudian hari. Jangan pernah lelah untuk terus belajar karena setiap detik akan ada hal baru yang muncul dan orang sukses bukanlah orang yang tidak senang belajar hal-hal baru.

 

  1. Bersyukur

Bersyukur bukan hanya berterima kasih pada Tuhan atas segala pencapaian dan rezeki yang telah diberikan kepadamu selama ini, tapi juga tidak membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Apa yang sudah kamu capai sejauh ini tentunya adalah buah dari hasil kerja kerasmu dan kamu harus menyusukuri hal tersebut.

Boleh saja membaca kisah sukses orang lain sebagai pelecut semangat, tapi jangan sampai kamu membandingkan hidupmu dan lupa bersyukur atas apa yang sudah diberikan oleh Tuhan selama kamu hidup di dunia ini.

 

  1. Cinta yang Membuatmu Tetap Hidup

Mencintai itu harus dimulai dari mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri berarti kita menerima diri apa adanya dan tahu bahwa dirinya memang berharga. Cinta tidak melulu hanya romansa kepada pasangan. Keluarga, teman, binatang, bahkan lingkungan sekitar kita juga berhak dicintai. Cinta juga bukan mengambil dan memberi, tapi justru memberi dan terus memberi tanpa pamrih.

 

  1. Menghargai Hidup

Menghargai hidupmu berarti menghargai apa yang telah diciptakan Tuhan untukmu. Salah satunya dengan cara hidup sehat jiwa raga. Memilah makanan yang dikonsumsi oleh tubuhmu, membiasakan olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar, serta memelihara jiwamu agar tetap sehat.

Memelihara jiwa juga bisa melakukan pemilihan konsumsi berita atau konten yang muncul di sekitar kita setiap harinya, tidak menyimpan dendam dan amarah kepada orang lain, serta detox media sosial jika memang dibutuhkan.

 

Membiasakan hal baik memang bukan perkara mudah. Tapi jika kita mau, maka pasti akan ada jalan untuk melakukan hal tersebut. Percayalah, ketika kita berbuat baik tanpa mengharapkan balasan orang lain, kita akan jauh lebih mudah untuk terus berbuat baik. Lagipula, hanya kebaikan kita yang akan menjadi kenangan ketika kita sudah tidak ada lagi di dunia ini.

×
logo-kenangan Download aplikasi