Percaya Atau Tidak, 4 Mitos Tanda Kematian Ini Masih Dipercaya, Lho!

Sumber: unsplash

Di kalangan masyarakat Indonesia, ada banyak sekali mitos yang beredar dari mulut ke mulut dan diwariskan secara turun temurun. Salah satunya adalah mitos pertanda kematian seseorang. Jika seseorang tersebut membaca tanda-tanda tersebut, biasanya bulu kuduk akan merinding. Lalu apa mitos kematian yang sudah lama beredar di masyarakat?

  1. Bila ada burung gagak yang hinggap dan bersuara, konon akan ada seseorang di sekitar yang meninggal

Mitos yang satu ini adalah mitos yang cukup terkenal di masyarakat, terutama di kalangan masyarakat Jawa. Katanya bila ada burung gagak yang hinggap di tempat tertentu dan bersuara, akan ada seseorang yang meninggal di sekitar tempat burung gagak tersebut hinggap.

Disamping burung gagak, ada burung suwek mori dan sirit uncuing (kedasih) yang dianggap sebagai penanda kematian jika ia hinggap dan bersuara di suatu tempat. Khusus untuk burung suwek mori, jika ia bersuara di kala senja atau menjelang waktu magrib, kemungkinan remaja yang meninggal. Jika waktunya malam hari, kemungkinan orang dewasa yang meninggal. Jika suaranya terdengar di tengah malam, kemungkinan seseorang yang berilmu tinggi akan meninggal. Jika terdengar di sepertiga malam, pertanda orang lanjut usia yang akan meninggal. Jika terdengar pada dini hari, berarti kemungkinan balita yang akan meninggal.

 

2. Orang yang akan meninggal katanya kotorannya lebih hitam dan gelap???????

Jika feses atau BAB seseorang lebih hitam dipercaya sebentar lagi seseorang tersebut akan meninggal, apalagi jika baunya lebih menyengat. Hal ini dipercaya masyarakat karena pencernaan akan menguras semua yang ada di dalam perut atau sistem pencernaan sebelum ajal tiba.

 

3. Bila foto orang yang kita sayangi jatuh bahkan bingkai dan kacanya ikut pecah, pertanda seseorang yang kita sayangi dalam bahaya?????

Adegan ini cukup menjadi adegan langganan di sinetron Indonesia. Biasanya ada peristiwa pigura foto seseorang jatuh dan kemudian kacanya pecah. Kemudian orang yang di dalam foto tersebut biasanya kecelakaan atau meninggal. Walaupun ini sebenarnya mitos tapi masih banyak masyarakat yang masih percaya akan mitos ini.

 

4.  Kejatuhan cicak pertanda sial termasuk meninggalnya orang tercinta dalam waktu dekat???????

Kejatuhan cicak atau tertimpa cicak juga termasuk mitos yang umum jika berarti seseorang tersebut akan tertimpa sial atau musibah. Salah satu musibahnya bisa saja kehilangan anggota keluarga atau orang terdekat. Konon menurut mitos, musibah tersebut dapat hilang jika orang yang tertimpa atau kejatuhan cicak segera menangkap dan menyobek mulut cicak tersebut.

Mitos-mitos pertanda kematian yang beredar di masyarakat boleh saja dipercaya atau tidak. Tapi yang harus diketahui adalah bahwa hidup dan mati seseorang adalah takdir yang sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Tanpa ada kemunculan mitos tanda kematian tersebut, setiap orang tentu akan menemui ajalnya. Untuk itu hiduplah sebaik-baiknya seakan-akan ini adalah hari terakhir kita hidup di dunia ini.

×
logo-kenangan Download aplikasi