Manfaatkan Teknologi untuk Prediksi Kematian Manusia

Sumber: unsplash

Selama ini, kematian selalu menjadi hal yang misterius karena kita tidak dapat mengetahui kapan seseorang atau bahkan kita sendiri akan meninggal. Tapi, adakah cara untuk mengetahui hal tersebut?

Para peneliti dari Stanford University sejak 2018 silam telah meneliti teknologi untuk memprediksi kapan seorang akan meninggal menggunakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Cara ini disinyalir bisa memprediksi kapan seseorang akan meninggal dalam waktu tiga bulan hingga satu tahun. Bukan ingin menakut-nakuti sang pasien. Teknologi ini diteliti bertujuan utnuk membantu dokter dalam merekomendasi perawatan paliatif (perawatan untuk pasien yang berada di stadium akhir) paling efektif dan tentunya memperbaiki kehidupan para pasien.

Sebelumnya dalam sebuah penelitian 80 persen orang Amerika menyatakan ingin menghabiskan hari akhirnya di rumah mereka yang nyaman. Namun sayangnya, hanya 20 persen yang bisa melakukannya karena dokter tidak menawarkan prognosis (ramalan) yang akurat, sehingga pasien menerima perawatan lanjutan di rumah sakit.

Teknologi yang digunakan menggunakan algoritma kecerdasan buatan yang mempelajari Electronic Health Record (EHR) yang mampu menetapkan prediksi kematian pasien dalam jangka waktu tiga hingga 12 bulan ke depan.

Lalu baru-baru ini, tim peneliti dari University of Nottingham juga meneliti terkait teknologi untuk memprediksi kematian seseorang. Berbeda dari peneliti Stanford University yang menggunakan data EHR, mereka menggunakan segala informasi terkait rekam medis hingga gaya hidup dan kebiasaan diet seseorang sebagai data untuk memprediksi kematian seseorang.

Menggunakan teknologi AI, mereka memperhitungkan berbagai faktor demografis, biometrik, klinis, gaya hidup, konsumsi makanan berupa sayuran, buah, dan daging setiap hanri untuk setiap individu yang akan dinilai.

Jika teknologi ini benar-benar bisa digunakan untuk memprediksi kematian, tentu akan sangat bermanfaat bagi individu, dimana seseorang yang telah mendapatkan prediksi kematiannya bisa mempersiapkan kematiannya dan beralih pola gaya hidup yang lebih sehat.

Selain itu, tidak hanya kematian yang diprediksi. Penyakit-penyakit yang mungkin tidak pernah disadari oleh individu itu sendiri kemungkinan bisa terdeteksi melalui teknologi tersebut.

Kita tidak pernah tahu kapan kematian akan datang kepada kita. Sudah seharusnya kita menjadi individu yang bisa meninggalkan kenangan baik kepada orang-orang tercinta.

Kenanglah kenangan terbaik orang-orang terdekat Anda melalui fitur Memorial di Kenangan.com. Gratis dan tersimpan selamanya.

 

Sumber:

https://techno.okezone.com/read/2019/03/30/56/2037094/ilmuwan-manfaatkan-teknologi-ai-prediksi-kematian-seseorang

https://sains.kompas.com/read/2018/01/22/203300623/ilmuwan-kembangkan-ai-untuk-prediksi-kematian

https://sains.kompas.com/read/2018/01/22/203300623/ilmuwan-kembangkan-ai-untuk-prediksi-kematian

 

×
logo-kenangan Download aplikasi