Lagi Stres? 9 Makanan Ini Ternyata Manjur Hilangkan Stres

Sumber: unsplash

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres yang penyebabnya bermacam-macam. Ada sebagian orang yang memilih untuk ngemil sebagai cara penghilang stres.

Tapi, walaupun enak di lidah, ngemil juga bisa menjadi pilihan buruk jika tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Bukan menjadi penghilang stres, mengonsumsi makanan yang bergula atau berkalori tinggi malah bisa menimbulkan stres baru karena pakaian kesayangan Anda tidak lagi muat dipakai.

Lalu, bagaimana ngemil sehat yang memang benar-benar ampuh menghilangkan stres? Ini dia beberapa makanan sehat dan lezat yang mampu menurunkan kadar hormon stres kortisol dan meningkatkan kadar hormon bahagia serotonin.

 

  1. Dark Chocolate

Kata siapa cokelat cuma bisa bikin berat badan Anda bertambah? Yang ada justru cokelat mampu mengurangi kadar hormon stres kortisol. Tapi tidak semua jenis cokelat mampu menurunkan hormon kortisol.

Dark chocolate atau biasa disebut cokelat hitam, yang tekenal lebih pahit daripada milk chocolate dan white chocolate, diketahui mengandung banyak polifenol dan flavonol – dua antioksidan penting- yang mampu menurunkan stres. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu menstabilkan metabolisme tubuh.

Semakin banyak persentase kadar cokelatnya, tentunya semakin bagus untuk menghilangkan stres karena semakin rendah pula kadar gulanya.

 

  1. Susu Hangat

Ingat jika saat masih kecil Anda disuruh minum susu hangat dulu sebelum tidur? Anjuran ini ternyata ada benarnya, lho. Sebab, susu mengandung tripofan yang tinggi dan kalsium yang bisa menimbulkan sensasi rileks pada tubuh. Sehingga setelah mengonsumsi susu hangat, Anda bisa tidur dengan nyenyak dan kembali segar saat bangun.

Jika Anda bukan penggemar susu, Anda bisa mencoba untuk mencampurkan sedikit susu dengan semangkuk sereal favorit Anda sebelum tidur.

 

  1. Yogurt

Produk susu lain, yakni Yogurt, juga bisa menjadi pilihan sebagai makanan penghilang stres. Stres ternyata juga bisa dipicu oleh bakteri jahat yang bermukim di dalam perut. Selain untuk mengusir bakteri jahat, yogurt juga kaya akan kandungan protein dan kalsium yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

 

  1. Oatmeal

Oatmeal bukan hanya makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang berpenyakit jantung. Tapi juga bisa untuk menurunkan kadar stres di tubuh Anda berkat karbohidrat kompleks di dalamnya. Tidak hanya itu. Mengonsumsi oatmeal juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tidak tergiur untuk ngemil makanan yang kurang sehat.

Tambahkan topping seperti buah-buahan segar atau kacang-kacangan di atasnya agar semangkuk oatmel Anda tidak lagi membosankan.

 

  1. Alpukat

Buah yang sering dihindari saat diet karena kaya akan lemak baik ini ternyata banyak mengandung glutathione, lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat yang lebih banyak daripada buah-buahan lainnya. Zat-zat yang terkandung ini lah yang mampu membantu menurunkan hormon stres, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.

 

  1. Teh Hijau

Teh ini mengandung L-theanine yang telah terbukti mampu menghilangkan stres dan mendorong perasaan tenang. Untuk relaksasi, minum teh hijau tanpa kafein adalah pilihan terbaik agar tidur bisa lebih nyenyak.

 

  1. Pisang

Pisang cukup populer di kalangan atlet untuk dikonsumsi setelah latihan karena mengandung potasium dan magnesium yang mampu melemaskan otot tubuh. Selain itu, buah ini rupanya mengandung triptofan yang bisa membuat sensai rileks pada tubuh.

 

  1. Berry

Buah keluarga berry (rapsberry, blueberry, blackberry, stroberi, blackcurant, kismis) ini terkenal kaya antioksidan seperti cokelat. Kandungan vitamin C yang tinggi dikenal mampu melawan stres, selain untuk mencegah sariawan.

Seratnya yang banyak dan kalori yang rendah, membuat Anda kenyang lebih lama tanpa khawatir merasa gemuk.

 

  1. Kacang Mede

Beberapa orang gemar menjadikan kacang mede sebagai salah satu camilan di kala lebaran bersama beberapa toples kue kering. Ternyata kacang ini adalah makanan dari keluarga kacang-kacangan yang paling baik untuk menghilangkan stres. Hal ini disebabkan dengan tingginya kandungan Zinc yang mampu menurunkan kecemasan.

Walaupun enak, Anda tetap harus berhati-hati karena kacang mede diketahui memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

 

Itu dia sembilan makanan sehat anti stres untuk yang sedang dilanda stres tanpa takut sakit ke depannya. Sebab, stres bukan berarti harus mengonsumsi makanan tidak sehat yang malah bisa membahayakan kesehatan. Beberapa makanan ini juga tidak salahnya dijadikan hadiah untuk rekan Anda yang sedang berdukacita, lho.

×
logo-kenangan Download aplikasi