Kenapa Malam Jumat Selalu Identik dengan Hal Mistis?

Sumber: Sincerely Media (unsplash)

Dalam tujuh hari di setiap minggu, selalu ada hari istimewa. Entah itu malam Minggu yang dianggap spesial karena berarti malam libur atau malah malam Jumat yang dikeramatkan karena dianggap seram oleh sebagian orang. Malam Jumat seringkali dijadikan momen untuk berbagi kisah seram yang berkaitan dengan makhluk halus alias hantu untuk menambah kesan seram.

Masyarakat Indonesia yang memang senang dengan hal-hal berbau mistis, klenik, atau hantu semakin klop ketika berbagai media berbondong-bondong membagikan konten atau acara yang berbau mistis di setiap malam Jumat. Acara uji nyali atau kunjungan ke tempat angker selalu dihadirkan di slot malam Jumat agar semakin seram.

Mitos dan kepercayaan malam Jumat ini bukanlah mitos yang muncul sesaat saja. Ternyata mitos ini bermula dari tradisi masyarakat Jawa Kuno yang sering berpuasa selama 40 hari dan puncak puasanya selalu bertepatan dengan malam Jumat Kliwon.

Dalam tradisi itu biasanya akan disiapkan pula beberapa sesajen atau sesajian yang berisi berbagai macam makanan dan minuman yang disebarkan di berbagai tempat yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya makhluk ghaib.

Mitos malam Jumat tersebut akhirnya terus berkembang dari mulut ke mulut secara turun temurun. Ketika penjajah Belanda datang ke Indonesia, mereka juga membawa kepercayaan mistis Friday 13th yang menganggap bahwa setiap hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 adalah hari pembawa sial.

Sejak saat itu, kepercayaan malam Jumat adalah waktu yang mistis semakin menjadi-jadi dan masih dipercaya hingga saat ini. Petuah dari orang tua seperti melarang anak-anak untuk bermain keluar rumah ketika menjelang senja karena akan ada genderuwo atau kuntilanak yang menculik semakin menambah ketakutan seseorang akan hal mistis.

Sebaiknya kita tidak perlu terlalu percaya pada mitos orang tua. Dalam ajaran agama Islam sendiri, justru hari Jumat adalah hari yang sangat mulia seperti hari raya karena hari Jumat adalah hari dimana bumi pertama kali diciptakan dan kiamat nanti terjadi pada hari Jumat. Selain itu Allah Subhanu Wa Ta’ala juga menjanjikan banyak pahala yang besar ketika seseorang melaksanakan amal ibadah khusus di hari Jumat seperti bersedekah, membaca Surat Al-Kahfi, membaca shalawat Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wassalam, dsb.

Selain itu, jika kita beraktivitas dari Senin hingga Jumat, malam Jumat justru berkah karena keesokan harinya adalah hari terakhir beraktivitas rutin dan segera menuju libur akhir pekan.

Semua hari itu baik dan tidak ada hari sial atau hari mistis seperti kepercayaan yang biasa beredar di masyarakat. Tinggal tergantung bagaimana kita menyikapi dan mempercayai hari-hari tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi, masih percaya jika malam Jumat itu membawa sial?

×
logo-kenangan Download aplikasi