Kelelahan Bekerja Bisa Menyebabkan Kematian

Sumber: unsplash

Kasus meninggal karena kelelahan bukanlah hal baru. Beberapa waktu lalu, ratusan petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dilaporkan meninggal dunia karena kelelahan akibat bekerja melakukan penghitungan suara.

Kemudian, tahun 2013 silam, Mita Diran, seorang copywriter agensi periklanan Y&R meninggal dunia karena bekerja selama 30 jam non stop. Bagaimana kelelahan bisa menyebabkan kematian pada seseorang?

Kasus meninggal dunia karena kelelahan diduga karena waktu kerja yang panjang. Jika seseorang bekerja terlalu lama dalam waktu yang panjang, tentu bisa menyebabkan tingkat sress yang sangat tinggi. Apalagi jika sebelumnya kurang istirahat, rajin merokok, minum suplemen dan minuman berenergi yang mengandung ginseng dan kafeim.

Ketika stress, jantung akan bekerja lebih keras daripada biasanya. Peningkatan irama jantung dan tekanan darah akan meningkat daripada dalam keadaan normal. Kedua kondisi ini lalu bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan gagal jantung, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Meski hubungan antara jam kerja yang panjang dan penyakit jantung belum bisa dijelaskan secara gamblang, para peneliti menyimpulkan hormon kortisol dan epinephrine dilepaskan saat stress ikut menyumbang masalah jantung pada mereka yang bekerja lembur.

Penelitian lain membuktikan bahwa kelelahan tidak secara langsung menyebabkan kematian akibat penyakit jantung. Kondisi stres, lelah fisik dan psikis berkepanjangan, serta iskemia (kekurangan suplai darah ke jarungan atau organ tubuh karena permasalahan pada pembuluh darah) yang menyebabkan risiko kematian akibat penyakit jantung meningkat.

Ada beberapa gejala kelelahan yang biasanya sering muncul dan harus diwaspadai, diantaranya:

  1. Perasaan Negatif

Ketika Anda menganggap diri Anda terlalu asing, seolah-olah pekerjaan Anda tidak penting, merasa putus asa dan pesimis, bisa jadi itu pertanda Anda terlalu lelah dalam bekerja.

  1. Kelelahan Terus-Menerus

Jika merasa lelah sepanjang hari dari bangun tidur hingga kembali tidur, mungkin itu pertanda ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh Anda. Waktu tidur Anda mungkin seperti biasanya, namun pikiran Anda menolak untuk beristirahat.

  1. Apatis

Kelelahan berlebihan dapat memicu sikap tidak peduli, acuh tak acuh dengan lingkungan sekitar.

  1. Stress Menyebabkan Penyakit

Dampak kelelahan adalah gangguan kesehatan secara umum, berbagai penyakit kronis akan menyerang, dan menurunnya daya tahan tubuh seseorang sehingga mudah sakit. Secara psikologi, stress mampu mengubah proses metabolisme dalam tubuh.

  1. Menunda Pekerjaan

Kelelahan dapat mengganggu pekerjaan Anda. Saat lelah, pekerjaan yang biasanya dilakukan akan terasa berat yang akhirnya membuat Anda ingin menunda pekerjaan.

  1. Stagnasi

Jika merasa sangat sibuk dengan pekerjaan dan merasa terjebak dalam rutinitas, beban pekerjaan yang didapat tidak pernah berkurang, setiap kegiatan yang dilakukan tidak pernah dianggap baik, dan merasakan hal-hal yang dapat membuat Anda tertekan dan stress secara berulang, ini menjadi tanda-tanda kelelahan berat.

Lalu bagaimana cara mencegah kelelahan akibat bekerja? Berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kelelahan akibat bekerja apabila terpaksa deadline:

  • Makan camilan sehat di sela-sela bekerja
  • Hindari makanan atau minuman bergula
  • Tidur cukup
  • Hindari pemicu stress
  • Kurangi konsumsi kafein
  • Minum air yang cukup
  • Lebih aktif bergerak, seperti menggunakan tangga daripada lift jika memungkinkan. Berjalan-jalan ke toilet dan melakukan peregangan agar otot tidak begitu kaku karena terlalu lama duduk.
  • Bercanda dengan rekan kerja karena humor dikethaui dapat meningkatkan fungsi jantung dan produktivitas kerja.
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri (me time). Tidak harus pergi berlibur ke luar kota. Menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang disukai atau hobi yang menyenangkan dan santai, bisa menjadi salah satu cara untuk recharge energi agar tidak cepat stress.

Kelelahan memang tidak menyebabkan kematian secara langsung. Namun bila Anda tetap lelah padahal telah menerapkan pola hidup sehat, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Perhatikan pula pola jadwal hidup agar kegiatan Anda berjalan seimbang.

 

 

Sumber:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/kelelahan-menyebabkan-kematian/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170904172713-255-239361/waspada-kelelahan-bekerja-akut-yang-bisa-sebabkan-kematian

https://www.merdeka.com/sehat/4-kasus-karyawan-meninggal-setelah-bekerja-nonstop/li-yuan.html

×
logo-kenangan Download aplikasi