Jangan Asal Kirim, Kirim Bunga Dukacita Ada Etikanya, Lho!

Sumber: Alisa Anton (unsplash)

Mengirim bunga masih banyak digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang sedang dialami seseorang. Entah itu perasaan sedih, bahagia, cinta, hingga ungkapan dukacita. Bentuk rangkaian bunga dan variasi bunga itu sendiri dapat menggambarkan perasaan Anda untuk si penerima bunga nantinya.

Ketika Anda kehilangan seseorang seperti teman dekat, anggota keluarga, atau kolega, Anda ikut merasakan simpati terhadap keluarga yang ditinggalkan. Sudah merupakan naluri manusia jika ingin menghibur orang yang kita kenal yang sedang dalam kondisi kurang menguntungkan. Mengirim bunga bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengungkapkan simpati Anda kepada keluarga yang ditinggalkan.

Anda sendiri dapat mengirim karangan bunga ke tempat peristirahatan terakhirnya, seperti rumah duka atau tempat upacara pemakaman. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengirim bunga dukacita yang termasuk dalam etika mengirim bunga dukacita berikut ini:

 

  • Memastikan Alamat Lengkap yang Dituju dan Nama Lengkap Almarhum

Sebelum memesan karangan bunga, ada baiknya Anda sudah mengetahui nama lengkap almarhum dan alamat lengkap yang dituju. Umumnya kebiasaan masyarakat Indonesia adalah mengirim karangan bunga ke tempat persemayaman, entah itu kediaman pribadi atau rumah duka.

Di Kenangan.com, Anda tidak perlu pusing lagi mencari alamat lengkap yang dituju, karena berita duka yang tampil pasti mencantumkan alamat lengkap tempat persemayaman yang bisa digunakan untuk alamat tujuan pengiriman karangan bunga Anda.

Apabila Anda terlambat mengetahui kabar dukacita tersebut, Anda bisa mengirim karangan bunga kepada keluarga yang ditinggalkan ke kediamannya.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali nama lengkap almarhum agar tidak perlu sampai terjadi salah ejaan yang bisa membuat orang mengira bahwa kita kurang menghargai nama almarhum.

               

  • Pemilihan Jenis Bunga

Rangkaian bunga dukacita biasanya didominasi warna putih atau warna pastel yang lembut. Tidak harus selalu warna gelap, karena bunga dengan warna terang pun dapat mengekspresikan bahwa Anda ingin menguatkan keluarga yang ditinggalkan jika mereka harus tetap semangat karena kehidupan masih akan terus berjalan setelah ini.

Lili, mawar, gladioli, krisan, serta anyelir umumnya menjadi bunga yang bisa dipilih untuk menjadi rangkaian bunga dukacita. Jika Anda mengetahui bunga favorit almarhum, Anda juga bisa mengirimkan jenis bunga tersebut untuk menemaninya ke tempat peristirahatan terakhirnya.

 

  • Jenis Karangan Bunga

Di kalangan masyarakat, papan bunga umumnya menjadi pilihan untuk mengirimkan bunga dukacita. Disamping itu, Anda juga bisa mengirimkan rangkaian bunga meja atau bunga bundar, tergantung budget atau bunga kesukaan almarhum semasa hidupnya atau keluarga almarhum yang ditinggalkan.

 

  • Etika dalam Agama

Kadang kita sedikit terlupakan dengan hal yang satu ini. Sebagian besar agama menganggap hal yang lazim bila ada sanak saudara, sahabat, atau kolega yang mengirimkan bunga dukacita kepada saudara yang berduka karena ingin menjadikan bunga tersebut tanda kehadiran dan kepedulian terhadap orang yang ditinggalkan.

Tapi ternyata ada agama-agama tertentu yang kontra terhadap tradisi pemberian bunga dukacita. Contohnya agama Yahudi yang menganggap memberikan karangan bunga berita telah mematikan kehidupan dari tumbuhan.

Ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu sebelum mengirimkan bunga agar tidak terjadi kesalahan. Karena selain mempertimbangkan agama, ada pula keluarga yang memilih tidak menerima karangan bunga dukacita. Apabila tidak memungkinkan, Anda dapat memilih untuk mengirimkan hadiah seperti makanan atau uang duka sebagai pengganti bunga dukacita.

 

  • Kartu Ucapan Dukacita

Mengirimkan kartu ucapan dukacita juga bagian terpenting ketika Anda mengirimkan bunga dukacita kepada kerabat atau keluarga dari kolega Anda yang sedang berduka. Kartu ucapan dukacita yang dikirimkan sebaiknya ditulis tangan dan mengungkapkan rasa kepedulian Anda atas duka yang dirasakan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Jangan lupa untuk menulis nama lengkap dan kontak Anda, terlebih jika Anda bukan kerabat dekat, sahabat dekat, atau kerabat yang sudah lama tidak berjumpa dengan keluarga yang ditinggalkan. Hal ini akan mempermudah keluarga mengetahui pengirim karangan bunga dan menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada pengirim bunga.

Jadi, jangan lagi asal kirim karangan bunga dukacita karena sebenarnya ada etika yang perlu Anda perhatikan sebelum mengirim karangan bunga demi menghindari kesalahpahaman yang tidak diinginkan, terlebih lagi di suasana berkabung.

Beli karangan bunga di Kenangan.com lebih mudah dan praktis karena Anda tidak perlu pusing cari tahu alamat tempat persemayaman almarhum. Cukup klik berita duka almarhum yang Anda tuju, karangan bunga pun segera tiba di tempat tujuan.

 

×
logo-kenangan Download aplikasi