Harta Warisan Kena Pajak, Benarkah?

Sumber: Olga de Lawrence (unsplash)

Ketika seseorang seperti orang tua Anda meninggal dunia, tentunya akan meninggalkan harta yang akan diwariskan kepada para ahli warisnya. Warisan ini sendiri meliputi seluruh harta, baik harta bergerak maupun tidak bergerak seperti uang kas, kendaraan, tanah, bangunan, dan sebagainya. Namun apabila Anda sendiri merupakan seorang wajib pajak, apakah mendapatkan warisan berarti akan dikenakan pajak?

Dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan, telah dijelaskan bahwa meskipun warisan menambah kemampuan ekonomis bagi seorang ahli waris, warisan bukan termasuk objek pajak. Ketentuan ini berlaku pula meskipun warisan belum dibagi.

Ahli waris yang telah memberikan akta kematian atau surat wasiat mengenai harta warisan ke pihak perbankan atau lembaga keuangan tempat menyimpan kekayaan, maka harta warisan ini tidak dianggap sebagai objek Pajak Penghasilan. Meski begitu, tetap harus diperhatikan apakah warisan itu sudah dibagi atau belum.

                Agar warisan termasuk dalam bukan objek pajak, ada dua syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Pewaris dan ahli waris memiliki hubungan keluarga dalam satu garis keturunan. Contohnya ayah kandung dan anak kandung.
  2. Warisan berupa harta bergerak dan tidak bergerak harus dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pewaris dan pajak terutang, jika ada.

Harta warisan yang lebih dari Rp 1 milyar dan belum dibagi kepada ahli waris tetap harus dilaporkan dalam bentuk SPT. Pelaporan ini sendiri merupakan bagian dari common reporting standard (CRS) sebagai standar penerapan era keterbukaan informasi keuangan (Automatic Exchange of Information). Artinya, selama harta warisan masih atas nama dan milik pewaris, maka wajib melaporkan hartanya di SPT Tahunan pewaris.

Setelah warisan dibagikan dan pajak terutangnya dibayar lunas, maka statusnya akan berubah menjadi bukan objek pajak dan otomatis ahli waris terbebas dari pembayaran pajak warisan tersebut. Jika Anda memiliki harta warisan dari orang tua, Anda wajib mematuhi aturan dan ketentuan perpajakan atas warisan seperti halnya melaporkan harta warisan di SPT.  Sudahkah Anda melapor pajak tahun ini?

×
logo-kenangan Download aplikasi