Ghosting, Ditinggal Tanpa Jejak Ketika Lagi Sayang-sayangnya

Sumber: unsplash

Ketika masih duduk di bangku kuliah di pertengahan ’90-an, Mawar, yang kini berusia 40 tahun, menjalin hubungan asmara dengan teman pria yang dulu satu sekolah dengannya. Hubungan itu terjalin setelah sang pria mendekatinya selama enam bulan.

Tapi hubungan itu ternyata tidak cukup awet ternyata. Setelah setahun menjalin asmara secara jarak jauh, tiba-tiba saja hubungan itu kandas. Mawar tidak pernah dihubungi lagi. Suratnya tidak pernah dibalas. Telepon tidak pernah diangkat. Bahkan, mantan cenderung menghindarinya ketika ia bertemu di acara reuni sekolah. Alih-alih menyampaikan alasan untuk menyudahi hubungan, pria itu malah meninggalkannya tanpa kejelasan.

Saat itu, belum ada istilah ghosting untuk menggambarkan tindakan si mantan. Baru sejak 2011, dunia romansa mengenal istilah ghosting yang berarti tindakan memutuskan hubungan atau menghilang begitu saja tanpa penjelasan apa pun. Umumnya ghosting disertai langkah memutuskan saluran komunikasi di era masa kini seperti memblokir nomor telepon atau akun media sosial.

Ghosting berasal dari kata ‘ghost’ alias hantu karena si pelaku menghilang dan meninggalkan pasangannya bagaikan hantu yang menghilang dari pandangan tanpa jejak. Definisi sederhana di kalangan anak muda juga bisa berarti ‘ditinggal ketika lagi sayang-sayangnya’.

Istilah ghosting semakin populer di era meningkatnya penggunaan media sosial dan aplikasi kencan seperti Tinder yang digunakan sebagai salah satu sarana baru untuk menjalin hubungan. Tahun 2015, istilah ini masuk ke dalam Collins English Dictionary.

Putus hubungan tanpa kejelasan sendiri dapat menimbulkan bayang-bayang mantan bagi korbannya. Korbannya bisa merasakan stres, kesepian, depresi, hingga marah yang tidak berkesudahan. Bahkan bukan tidak mungkin korban akan mengalami perasaan tekanan batin yang lebih dari itu.

Ghosting sering dilakukan karena salah satu pihak ingin menghindari ketidaknyamanan emosional sendiri. Selain itu, komunikasi pasangan yang dirasa tidak nyambung bisa menjadi alasan terjadinya ghosting. Apalagi di era sekarang di mana untuk memulai hubungan bisa melalui dunia maya, seperti Facebook atau Tinder, yang semakin mudah untuk menghilangkan jejak.

Lalu jika Anda saat ini sedang menjalin hubungan, bagaimana bisa membaca tanda-tanda si dia sedang menuju fase ghosting?

  1. Balas pesan terlalu lama

Pelaku ghosting terkadang tidak serta merta menghilang. Bisa dimulai dari perlahan-lahan mengurangi intensitas chatting atau ketika ia sedang aktif di media sosial tapi tidak membalas chat sama sekali, bisa jadi itu tanda ia ghosting.

 

  1. Balas Singkat

Mencari topik pembicaraan yang selalu nyambung itu gampang-gampang susah. Biasanya jika si dia sudah mulai selalu membalas singkat dan datar, bisa jadi dia sudah bosan dengan Anda dan bersiap untuk ghosting, meski tidak selalu berakhir dengan menghilang.

  1. Hanya Jawab Pertanyaan

Masih menyambung di nomor sebelumnya, biasanya jika sudah membalas pesan singkat juga akan diikuti dengan hanya menjawab pertanyaan saja. Tak cuma itu saja. Dia bakal males bertanya balik ke Anda. Jika sudah begini, pelan-pelan dia ingin membuat jarak dengan Anda.

Jika pasangan Anda sudah terlanjur menghilang, tentu ada perasaan bersalah terhadap diri Anda sendiri dan Anda pasti mempertanyakan tentang hubungan ini. Para pakar kejiwaan menganggap ghosting sebagai bentuk dari kekejaman emosional karena berada satu tingkat daripada sekedar mendiamkan.

Lalu bagaimana cara untuk bisa pulih dari ghosting?

Membiarkan waktu yang menyembuhkan. Mungkin terdengar klise tapi itulah cara yang paling mujarab. Justru ketika memaksa diri sendiri untuk segera lekas sembuh, yang ada malah hanya tekanan batin. Padahal, di waktu yang akan datang, Anda akan bertemu dengan orang lain yang mungkin bahkan jauh lebih baik lagi dari pasangan yang sudah meninggalkan Anda diam-diam ini.

Melakukan hal-hal yang membuat Anda sibuk dan mengalihkan perhatian juga bisa jadi salah satu cara untuk mengisi kekosongan hati. Gunakan energi Anda untuk fokus pada hal-hal yang membuat Anda bahagia dan cintai diri Anda sendiri.

 

×
logo-kenangan Download aplikasi