Etika Berpakaian untuk Menghadiri Pemakaman

Sumber: unsplash

“Di tengah-tengah kematian, kita berada dalam kematian.” –Agatha Christie

Kematian adalah hal yang pasti dihadapi oleh setiap manusia. Di tengah suasana berkabung, tentunya kita harus menghormati momen tersebut, salah satunya dengan mengenakan pakaian yang pantas dan sesuai.

Meskipun dalam beberapa situasi ada keluarga mendiang yang mungkin meminta pelayat mengenakan pakaian dengan warna tertentu, umumnya ada etika berpakaian tersendiri yang perlu Anda perhatikan ketika menghadiri pemakaman.

Bagaimana cara berpakaian untuk menghadiri pemakaman yang sesuai dan pantas? Berikut tips dari Kenangan:

  1. Pilih Pakaian Berwarna Gelap dan Polos

Biasanya, warna hitam menjadi warna umum yang digunakan seseorang untuk menghadiri pemakaman sebagai tanda berkabung. Tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak begitu berlaku lagi.

Tidak ada salahnya Anda mengenakan pakaian warna lain selain warna hitam, asalkan berwarna gelap dan netral, seperti biru tua, abu-abu tua, hijau tua, atau cokelat tua. Untuk pemakaman tradisional, akan lebih baik Anda bermain aman dengan mengenakan pakaian warna hitam.

Hindari pakaian berwarna terang dan mencolok, seperti kuning, merah, biru karena dianggap tidak sopan. Tetapi, jika ada permintaan anggota keluarga mendiang untuk mengenakan pakaian berwarna cerah, sebaiknya Anda mengikuti keinginan keluarga saja. Seperti pemakaman muslim yang tidak jarang mengenakan pakaian putih dalam upacara pemakamannya.

Selain berwarna gelap, lebih baik mengenakan pakaian polos agar tidak begitu menonjol dan tidak terlihat ramai seperti menghadiri pesta.

 

  1. Mengenakan Pakaian Formal dan Nyaman

Bagi laki-laki, jas, dasi, kemeja atau celana berwarna hitam, abu-abu tua, atau biru tua bisa menjadi pilihan yang tepat. Wanita disarankan mengenakan gaun atau rok panjang, serta pakaian yang tidak terlalu ketat. Atasan atau bawahan berwarna gelap menjadi pilihan yang tepat.

Perhatikan pula panjang lengan pakaian Anda. Akan terlihat tidak sopan apabila Anda mengenakan pakaian berlengan sangat pendek, atau bahkan tanpa lengan. Pilih pakaian berlengan panjang, atau jika ingin mengenakan pakaian tanpa lengan, sebaiknya ditutupi dengan blazer, selendang, atau bolero.

 

  1.  Pilih Aksesoris Sederhana

Agar tidak terlihat mencolok, ada baiknya Anda tidak mengenakan perhiasan sama sekali ketika menghadiri pemakaman. Jika tetap ingin mengenakan perhiasan, Anda bisa memilih perhiasan sederhana dengan warna yang tidak mencolok, seperti kalung mutiara atau stud earring.

 

  1. Gunakan Sepatu Formal yang Nyaman

Mengenakan sepatu yang nyaman sangatlah penting, terutama jika Anda menghadiri upacara penguburan jenazah, sebelum atau sesudah mengunjungi rumah duka. Memilih sepatu formal tertutup berwarna gelap dan nyaman digunakan untuk bergerak merupakan pilihan yang tepat.

  • Sepatu flat berwarna tua seperti hitam, hijau tua, biru tua, abu-abu bisa menjadi andalan agar penampilan tetap terlihat menarik dan sopan.
  • Sepatu kets atau sepatu tenis, atau pantofel bisa menjadi pilihan bagi kaum pria untuk melengkapi penampilan.

 

  1. Tidak Mengenakan Riasan Menonjol

Bagi para wanita, tidak mengenakan make up saat keluar rumah bisa seperti bagai sayur tanpa garam. Tidak ada salahnya Anda mengenakan make up ke acara pemakaman, asalkan tidak berlebihan dan tidak mencolok karena pemakaman merupakan acara formal. Gaya make up no make up bisa Anda aplikasikan dengan cara:

  • Mengaplikasikan foundation atau bb cream atau bb cushion tipis-tipis ke wajah, lalu ditutupi bedak tipis.
  • Mengenakan lipstik atau lip matte berwarna lembut, seperti nude atau pink muda.
  • Menambahkan blush on berwarna peach atau pink muda juga bisa mempercantik riasan wajah tanpa terlihat mencolok.

 

  1. Menyiapkan Scarf di dalam Tas

Tidak ada salahnya Anda memasukkan scarf berwarna netral kesayangan Anda ke dalam tas ketika menghadiri pemakaman. Scarf akan menjadi sangat berguna untuk menghalau terik sinar matahari atau menutupi wajah yang tampak sembab akibat terlalu banyak menangis, atau bisa juga untuk menutupi pakaian Anda apabila lengan pakaian tidak begitu panjang.

Melayat memang bukanlah ajang pamer penampilan, tetapi Anda tetap harus berupaya berpenampilan rapi dan formal untuk menghargai keluarga mendiang.

Bingung mencari rumah duka, tempat pemakaman, atau krematorium terdekat di kota Anda? Anda bisa cari di situs www.kenangan.com atau unduh aplikasi Kenangan.com di smartphone Android atau iOS Anda.

 

Sumber:

https://id.wikihow.com/Berpakaian-untuk-Menghadiri-Pemakaman

https://www.harpersbazaar.co.id/articles/read/2/2019/6416/Etika-Berbusana-saat-Menghadiri-Pemakaman

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/07/24/196/1742519/etika-menghadiri-pemakaman-haruskah-berpakaian-serba-hitam

https://www.unsplash.com

×
logo-kenangan Download aplikasi