Bukan Orangnya, Tapi Kenangannya yang Bikin Gagal Move On

Tahun 2019 baru saja dimulai. Tentunya memulai tahun baru dengan segudang resolusi baru akan membuat kamu lebih semangat memulai hari di tahun yang baru.

Anda yang membaca artikel ini, mungkin memiliki salah satu resolusi di tahun ini untuk segera move on dari mantan dan masih penasaran kenapa belum bisa move on dari si dia.

Ketika memutuskan hubungan dengan orang yang Anda  cintai, bukan tidak mungkin akan memunculkan masalah baru sebagai akibat dari putusnya hubungan tersebut.

Membiasakan diri untuk tidak lagi terikat dengan dia dan melepaskan kebiasaan-kebiasaan yang sudah kamu bangun dengannya dalam beberapa waktu tentu bukan hal mudah.

Bahkan kadang, masalah ini terasa lebih besar dan lebih berat dibandingkan saat menjalani hubungan itu sendiri karena kita harus membiasakan diri tanpanya.

Sehingga tak sedikit orang yang merasa lebih merasa ketika baru putus cinta daripada menjomblo dalam kurun waktu tertentu.

Salah satu masalah yang sering dihadapi dan dikhawatirkan pasca putus hubungan adalah susahnya untuk beranjak dari hubungan itu. Bahasa gaulnya adalah gagal move on.

Hal yang sering dikeluhkan seseorang saat susah move on adalah tentang kenangannya. Melupakan sang mantan jika boleh jujur justru lebih mudah daripada melupakan kenangannya.

Ini disebabkan karena ketika bermasalah dengan orang lain, Anda akan malas memikirkannya dan menyugesti diri sendiri untuk tidak mengingatnya.

Tapi untuk menghapus kenangan yang pernah ada, bukanlah semudah menekan tombol delete di komputer.

Artinya, ketika susah move on, bukan tidak mampu melupakan orangnya, tapi susah melupakan kenangannya.

Tidak bisa dipungkiri semakin banyak kenangan indah yang pernah tercipta, akan semakin susah move on.

Karena kita semakin mudah untuk terngiang-ngiang ataupun teringat dengannya ketika melakukan sesuatu.

Misalnya saat mendengarkan suatu lagu tiba-tiba Anda jadi ingat mantan, gara-gara lagu itu punya kenangan sendiri yang otomatis mengingatkan Anda tentang dia.

Atau ketika Anda berkunjung ke suatu tempat yang punya kenangan indah bersama dia, bayangan hubungan masa lalu kamu dengannya kembali muncul.

Kenapa kenangan lebih susah dilupakan daripada mantan?

Karena saat berpisah dengan seseorang, muncul rasa malas memikirkan orang tersebut karena sudah bikin sakit hati sehingga dengan sendirinya otak akan membuang memori tentang mantan.

Tapi sayangnya, otak manusia susah menghilangkan kenangan yang sudah kedalam long term memory yang memang sudah abadi di dalam otak.

Kadang tanpa disuruh otak tetap saja memunculkan kembali kenangan jika melihat atau mendengar sesuatu yang berkaitan dengan kenangan itu.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan berdamai dengan keadaan dan tidak perlu menyangkal kenangan yang sudah pernah terjadi diantara kalian.

Anda juga bisa menyibukkan diri dengan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dan menyibukkan dirimu dari ingatan masa lalu. 

Tidak perlu merasa bersalah apabila merasa masih teringat si dia. Setiap orang tidak bisa move on, tapi kamu bisa berdamai dengan keadaan dan diri sendiri sehingga kamu bisa terus maju menjalani hidupmu.

 

 

Sumber:

https://www.inovasee.com/kadang-yang-membuat-kita-susah-move-on-bukan-melupakan-orangnya-tapi-melupakan-kenangannya-32954/

https://www.idntimes.com/life/relationship/delfitria-tria/mengapa-move-on-itu-sulit-ini-jawaban-ilmu-psikologi-c1c2/full

https://www.hipwee.com/opini/kenapa-susah-move-on-inilah-alasannya/

https://kelascinta.com/putus-cinta/lama-putus

 

×
logo-kenangan Download aplikasi