Bukan Hanya Jatuh dari Tangga, Ini Dia 9 Penyebab Hilang Ingatan

Sumber: unsplash

Penyebab hilang ingatan seringkali dikaitkan dengan pukulan benda tumpul seperti balok kayu, kecelakaan mobil, atau jatuh dari tangga atau tempat tinggi, yang menyebabkan seseorang tidak bisa mengingat siapa dirinya dan dari mana asalnya. Adegan ini acapkali menjadi salah satu adegan langganan sinetron ataupun film. Padahal penyebab hilang ingatan itu sangatlah beragam.

Hilang ingatan sendiri adalah kondisi terganggunya daya ingat seseorang untuk membuat memori baru atau memproses kenangan. Hilang ingatan secara keseluruhan bisa terjadi mendadak atau terjadi secara bertahap tergantung penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab hilang ingatan yang bisa Anda waspadai

  1. Obat-obatan

Fungsi utama obat untuk mengobati, namun ada beberapa jenis obat resep dan obat tanpa resep yang bisa menghilangkan ingatan bila dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak sesuai dosis. Jenisnya adalah obat antidepresan, antihistamin, relaksan otot, obat penenang, obat tidur, dan obat pereda nyeri.

 

  1. Merokok, narkoba, dan alkohol

Merokok bisa mengurangi kadar oksigen yang sampai ke otak sehingga bisa menurunkan kemampuan daya ingat. Sedangkan narkoba dan alkohol memiliki zat kimia didalamnya yang bisa mempengaruhi fungsi otak dalam jangka panjang.

 

  1. Kurang tidur

Kuantitas dan kualitas tidur sangat penting untuk daya ingat seseorang. Jam tidur yang kurang atau sering terbangun di malam hari bisa menyebabkan kelelahan yang menggangu kemampuan otak untuk mengingat dan memproses informasi

 

  1. Depresi dan stres

Ketika merasa tegang karena stres atau efek dari trauma emosional, otak kemudian akan terlalu banyak berpikir keras. Nantinya seseorang akan sulit fokus dan berkonsentrasi sehingga mengganggu daya ingatnya.

 

  1. Stroke

Umumnya hilang ingatan jangka pendek bisa dialami oleh penderita stroke. Tapi tidak menutup kemungkinan hilang ingatan jangka panjang bisa dialami, karena pembuluh darah pasien stroke mengalami kerusakan. Sehingga menyebabkan aliran darah ke otak terhenti.

 

  1. Cedera kepala

Benturan keras di kepala akibat pukulan, jatuh, atau kecelakaan dapat melukai otak dan menyebabkan hilang ingatan jangka pendek atau jangka panjang. Meski demikian, ingatan bisa kembali secara bertahap dari waktu ke waktu.

 

  1. Demensia

Demensia adalah kehilangan daya ingat secara progresif dan cukup parah karena mengganggu kemampuan untuk mengingat dan berpikir dalam aktivitas sehari-hari. Yang paling umum adalah akibat dari penyakit alzheimer.

 

  1. Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin B1 dan B12 dapat mempengaruhi daya ingat apalagi jika kekurangan nutrisi dalam waktu jangka panjang. Otak sendiri memerlukan protein dan lemak berkualitas penting supaya fungsinya tetap terus terjaga.

 

  1. Penyebab lainnya

Kelenjar tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif, serta beberapa infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri seperti HIV, tuberkulosis, dan sifilis bisa memengaruhi kinerja otak.

×
logo-kenangan Download aplikasi