Buang Kenangan Mantan di Pasar Barang Kenangan Vietnam

Ilustrasi keramaian pasar. Sumber Gambar: Pexels

Barang pemberian mantan seringkali hanya memberikan kenangan menyakitkan dan membuat kita susah move on. Karena tidak tahu mau dikemanakan, barang-barang tersebut akhirnya hanya menumpuk di rumah dan tidak berguna.

Tapi di Vietnam, barang-barang kenangan itu justru mendatangkan berkah. Tepatnya dengan menjual barang tersebut di pasar yang disebut Old Flames Market (Ch? ng??i yêu c?) atau yang berarti pasar barang pemberian dari mantan. Pasar ini mengambil lokasi di 58 To Ngoc Van Street, Hanoi.

Pasar ini digelar pada hari minggu pertama di setiap bulan sejak bulan Februari 2017, kemudian dipopulerkan oleh warganet di Vietnam melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, terutama muda-mudi yang tidak malu-malu untuk berbagi kisah kehidupan sehari-hari mereka.

Pencetus ide pasar ini, Dinh Thang, sehari-harinya bekerja dan tinggal di Hanoi. Ia memulai ide ini setelah melalui fase putus cinta yang suram. Setelahnya, ia juga bertemu dengan sesama rekannya yang juga mengalami hal yang sama dengannya.

Ternyata dari pengalaman pribadi dan teman-temannya yang senasib tersebut, mereka memiliki kesamaan, yakni masih mempunyai beberapa barang kenangan pemberian dari mantan tapi mereka tidak ingin melihatnya lagi, karena hanya membangkitkan kenangan lama yang tidak menyenangkan.

Bagaimanapun, barang-barang dari mantan ini kebanyakan masih layak pakai dan memiliki kondisi yang masih bagus karena ketika masih berhubungan dengan sang mantan, dijaga dan dirawat dengan sangat baik.

Jika dibuang begitu saja, tentu akan membahayakan lingkungan. Dari sana, ia memiliki ide untuk menjual barang kenangan tersebut kepada orang lain sebagai pemilik baru.

Selain menjaga lingkungan, akan lebih baik barang-barang layak pakai dan masih dalam kondisi sangat bagus pemberian mantan ini dimanfaatkan oleh orang lain yang memang membutuhkan barang baru. Penjual yang ingin membuang kenangannya pun bisa mendapatkan uang tambahan.

Akhirnya ?inh Th?ng bersama beberapa rekannya membuka pasar yang menjual barang-barang pemberian mantan tersebut. Pedagangnya adalah pemilik barang itu sendiri yang menggelar lapak di area pasar tersebut dan menjaga lapaknya hingga pasar tutup.

Penjual tidak dikenakan biaya sewa tempat selama mengikuti acara. Hanya saja jika penjual membawa barang yang cukup besar untuk dijual, ia membayar 30% dari keuntungan penjualan untuk penyelenggara acara.

Barang yang dijual pun bermacam-macam. Ada kreasi seni yang dibuat oleh mantan pacar seperti surat cinta, buku diari, buku, scarf, hingga kartu ucapan ulang tahun yang berkalimat manis dan romantis.

Harganya pun bervariasi mulai dari VND 30.000 hingga VND 110.000 (sekitar Rp 18.774 hingga Rp 68.850). Bahkan ada beberapa penjual yang memberikan secara cuma-cuma.

Seluruh penjual di pasar ini juga bisa bergabung di Facebook Page untuk menjelaskan barang yang akan dijual beserta alasan atau kisah dibalik setiap barang yang dijual. Nantinya, penyelenggara acara akan menyeleksi barang-barang tersebut dan membuat poster promosi untuk menarik publik datang berbelanja.

Antuasiasme anak muda yang begitu tinggi pada pasar ini juga membuat Thang selaku penggagas ide ini ingin membuka pasar serupa di Ho Chi Minh City. Bahkan pasar ini sendiri juga menjadi tempat untuk bertemu dengan orang-orang baru, bahkan cinta yang baru.

Membuang barang kenangan lama memang tidak akan bisa dihapus karena kenangannya telah menjadi bagian dari hidup setiap orang. Tapi seseorang bisa berdiri tegak dan melanjutkan hidupnya tanpa dihantui kenangan lama.

 

 

Sumber:

https://timesofindia.indiatimes.com/travel/things-to-do/vietnams-old-flames-marketlove-letters-on-sale-here-interested-anyone/as61860465.cms

https://internasional.kompas.com/read/2017/11/05/15070281/pasar-barang-kenangan-ada-di-vietnam

https://vietnamnews.vn/sunday/features/405866/a-market-for-broken-heart-mementos.html#QFTxGez05eFcePk3.97

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171105124512-269-253564/pasar-barang-bekas-mantan-pacar-eksis-di-vietnam

×
logo-kenangan Download aplikasi