8 Kuburan Indonesia yang Instagramable dan Jauh dari Kesan Angker

Sumber: Phinemo

Mencari tempat terbaik untuk spot foto sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi para millenial untuk mengabadikan momen dan mempercantik feeds Instagram, juga menambah likes dan followers di Instagram. Biasanya lokasi indah atau berlatar belakang pemandangan alam yang menjadi target objek foto.

Tapi siapa sangka, jika sebetulnya area pemakaman atau kuburan sendiri juga memiliki spot foto yang tak kalah ciamik dengan tempat-tempat umum atau pemandangan alam. Kuburan tidak lagi kelihatan seram karena keindahan panoramanya.

Kali ini Kenangan akan memberikan beberapa kuburan di Indonesia yang memiliki spot foto terbaik yang bisa Anda upload di Instagram.

 

  1. Ereveld Menteng Pulo, Jakarta Selatan

Kuburan tentara Belanda pasca perang dunia kedua di kawasan Casablanca ini menampilkan sudut foto yang benar-benar epic dan Instagramable sehingga terlihat begitu artistik.

Kuburan yang ditata dengan barisan amat teratur ini memiliki latar belakang pemandangan gedung-gedung pencakar langit ibu kota, sehingga menambah kesan indah pada kawasan ini.

Di kuburan ini, nisannya tidak hanya terdapat nisan salib untuk pemeluk Kristen atau Katolik, tapi juga ada nisan dengan simbol bintang david untuk pemeluk Yahudi, nisan berbentuk tonjolan 3 untuk pemeluk Muslim, dan pemeluk Buddha memiliki nisan bentuk bulat.

Selain kuburan, disini ada pula Gereja Simultan dan kolumbarium, tempat abu jenazah korban kamp konsentrasi tentara Jepang. Setelah tentara Belanda meninggal, pihak Jepang melakukan kremasi dan abu jenazahnya ditemukan oleh tentara Amerika.

Makam Ereveld Menteng Pulo yang Berlatar Belakang Gedung Tinggi (Sumber: parah1ta.com)

 

  1. Ereveld Ancol, Jakarta Utara

Berikutnya ada pemakaman tentara Belanda lain di kawasan Taman Wisata Impian Jaya Ancol, Ereveld Ancol. Berbeda dengan Ereveld Menteng Pulo, disini tidak ada gereja dan kolumbarium. Tatanan kuburannya tetap rapi dan teratur sama seperti di Menteng Pulo.

Namun disini uniknya ada pohon Mindi yang dulunya menjadi tempat 200 orang dieksekusi mati oleh tentara Jepang. Pohon ini dulunya menjadi satu-satunya pohon besar yang tumbuh di tempat tersebut. Kini, pohon Mindi menjadi pohon yang diawetkan.

Pohon MIndi yang Diawetkan di Ereveld Ancol (Sumber: Wikimapia)

 

  1. Ereveld Kembang Kuning, Surabaya

Makam Belanda disini juga sama seperti di Ancol dan Menteng Pulo yang bersih, rapi, dan teratur. Dipenuhi nisan salib dan nisan biasa untuk jenazah orang Tionghoa. Hanya saja, penjagaan di Ereveld Kembang Kuning lebih ketat daripada di Surabaya sehingga tidak bisa sembarang orang masuk kesana.

Pada hari-hari tertentu, seperti tanggal 4 Mei akan diperingati sebagai hari Pahlawan Belanda, sehingga akan ada bendera Belanda yang berkibar disana. Konon, pemakaman ini adalah pemakaman terluas di Asia Tenggara karena memiliki luas mencapai 15 hektar.

Ereveld Kembang Kuning Surabaya yang Jauh dari Kesan Mistis (Sumber: Youtube)

 

  1. San Diego Hills, Karawang

San Diego Hills sudah populer di masyarakat sebagai pemakaman elit dan mewah dengan tampilan yang sangat megah. Tidak salah jika pemakaman disini menjanjikan pemandangan indah dengan suasana bergaya Eropa.

Tak hanya ada makam. Disini juga ada kolam renang, danau buatan, jogging track, taman rerumputan, chapel, hingga gedung pernikahan.

Pemakaman Elit San Diego Hills yang Memiliki Fasilitas Ciamik (Sumber: Bangka Pos)

 

  1. Museum Taman Prasati, Jakarta Pusat

Pemakaman sekaligus museum ini mungkin hanya ada Museum Taman Prasati. Tempat ini merupakan cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda. Disini ada koleksi prasasti nisan kuno, miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia, beserta koleksi kereta jenazah antik.

Museum seluas 1,2 hektar ini museum terbuka yang menampilkan karya seni dari masa lalu tentang kecanggihan pematung, pemahat, kaligrafer, dan sastawan yang melebur jadi satu.

Pemandangan patung dan prasasti di Kuburan Museum Taman Prasasti (Sumber: IRadio FM)

 

  1. Makam Peneleh, Surabaya

Makam yang satu ini sudah sangat terkenal di Kota Pahlawan. Makam Belanda ini terkenal karena memiliki bentuk nisan kuno yang beraneka ragam. Selain ada beberapa makam yang dihiasi patung, seperti patung relif Yesus, anak-anak, Bunda Maria, Salib, dsb.

Disebabkan bentuk dan nuansa makam yang kuno, pemakaman ini sering dijadikan lokasi pemotretan untuk fesyen, pre wedding, atau aktivitas fotografi lainnya. Sayangnya, sebagai salah satu pemakaman modern tertua di dunia, banyak makam yang rusak dan jadi kurang terawat, tidak seperti saudaranya di Ereveld Kembang Kuning.

Makam Peneleh, Makam Belanda Modern Tertua yang ada di Surabaya (Sumber: The World as I See It - Wordpress.com)

 

  1. Taman Kenangan Lestari, Karawang

Tidak jauh dari San Diego Hills, ada Taman Kenangan Lestari yang juga menghadirkan suasana modern minimalis. Pemakaman elit ini memiliki kapel yang cantik dan bisa menjadi background foto Instagramable.

Menghadirkan Suasana Modern Minimalis Taman Kenangan Lestari Juga Sering Dijadikan Jujukan Objek Fotografi oleh Masyarakat (Sumber: Taman Kenangan Lestari)

 

  1. TPU Petamburan, Jakarta Pusat

Taman Pemakaman Umum ini begitu mencolok dengan kubah hitam bangunan pelindung makam dari luar. Bangunan pelindung makam ini biasa disebut mausoleum dibangun oleh Lim Sha Nio untuk mendiang suami tercintanya, Oen Giok Khouw, yang jadi pada tahun 1931.

Sebagai orang berada di zaman itu, Lim Sha Nio membangun mausoleum ini dengan jasa arsitek G. Marcina, mendatangkan batu marmer dari Italia, menghiasi makam dengan patung pahatan dari bongkahan marmer besar, hingga membangun ruang bawah tanah untuk menyimpan abu jenazah sang suami. Pembangunannya menghabiskan 2.000 Gulden atau Rp 3 miliar pada zaman itu.

Mausoleum Megah di TPU Petamburan (Sumber: Lifestyle Sindonews)

 

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mengambil gambar di tempat-tempat tersebut untuk koleksi foto-foto Anda?

 

 

 

Sumber:

https://www.hipwee.com/travel/ereveld-menteng-pulo-makam-paling-instagramable-di-indonesia-nggak-serem-kaya-kuburan-lainnya/

https://techno.okezone.com/read/2018/08/20/207/1939031/5-area-kuburan-yang-instagramable-di-indonesia?page=1

https://backpackerjakarta.com/belajar-sejarah-dari-pemakaman-ereveld-ancol/

https://www.idntimes.com/travel/destination/asteria-dw/pemakaman-instagramable-indonesia-c1c2/full

https://travel.kompas.com/read/2017/05/22/101400727/masuk.ke.ruang.bawah.tanah.makam.megah.di.petamburan

https://jelajah-nesia2.blogspot.com/2013/10/jejak-sejarah-di-pemakaman-belanda.html

https://www.kompasiana.com/jelajah_nesia/552bb0446ea834ae628b4570/jejak-sejarah-makam-belanda-peneleh-di-surabaya

×
logo-kenangan Download aplikasi