7 Tips Ampuh Memotivasi Diri Sendiri

Sumber: unsplash

Bulan puasa seringkali bikin kita mengantuk ketika beraktivitas di siang hari. Sudah mengantuk, ditambah lagi bosan karena tidak bisa makan makanan kecil atau minum untuk mengganjal perut. Alhasil, kita sering kali malas beraktivitas dan memilih untuk menunda pekerjaan kita yang berujung terbengkalainya tugas kita.

Selain mengantuk, kadang kala di sela-sela aktivitas, ada perasaan jenuh dan lelah dengan rutinitas tersebut. Nah, supaya kita bisa semangat dan termotivasi lagi untuk menjalankan rutinitas hidup, berikut ini ada 7 cara ampuh untuk memotivasi diri sendiri sekaligus menguatkan mental Anda.

  1. Tentukan Tujuan Kita

Salah satu penyebab kurangnya motivasi adalah kita tidak mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tujuan atau goals kita ketika melakukan suatu tugas. Hasilnya, kita jadi malas karena merasa tidak ada tujuan yang ingin dicapai.

Dengan menentukan tujuan-tujuan hidup kita setiap harinya, tentunya bisa membangkitkan semangat kamu untuk beraktivitas.

 

  1. Menghargai Diri Sendiri

Kadang kita lupa bahwa diri sendiri perlu diberi reward atau penghargaan kecil sebagai bentuk apresiasi diri. Setiap melakukan hal baik seperti menyelesaikan tugas tepat waktu, atau mampu mencapai target yang telah ditentukan, Anda bisa memberi penghargaan kepada diri sendiri seperti memakan kudapan favorit Anda, atau menonton film favorit sambil bersantai di kamar untuk memotivasi diri Anda.

 

  1. Menguraikan Tugas Menjadi Kegiatan Kecil

Daripada terbebani harus bekerja beberapa jam untuk menyelesaikan satu tugas besar, membuat jadwal beserta rincian tugas pekerjaan akan jauh lebih ringan dilakukan.

Selain itu, hal tersebut juga membantu menentukan prioritas pekerjaan mana yang harus Anda kerjakan sesegera mungkin, hingga yang tidak begitu penting.

 

  1. Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Mudahnya akses media sosial yang memamerkan kehidupan pribadi cenderung membuat seseorang jadi mudah membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain. Alih-alih membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik Anda fokus pada pencapaian target yang telah Anda tentukan.

Ingat, setiap orang memiliki jalan hidup yang berbeda sehingga cita-cita dan pencapaian yang mereka raih pun tentu sangat mungkin berbeda dengan Anda. Anda harus menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari sehingga selalu termotivasi untuk mengembangkan kemampuan Anda.

 

  1. Segarkan Pikiran

Dalam beraktivitas, ada kalanya kita berada di titik jenuh karena rutinitas pekerjaan sehari-hari. Bila Anda ada di titik ini, bisa dipastikan Anda kehilangan motivasi bekerja karena merasa bosan dengan apa yang Anda kerjakan.

Lebih baik Anda menyegarkan pikiran Anda sejenak dengan meninggalkan sejenak pekerjaan Anda. Bersantai dan menghirup udara segar di taman bisa menjadi alternatif refreshing paling murah meriah. Atau Anda juga bisa berjalan-jalan, menyempatkan diri berolahraga untuk refresh pikiran Anda.

 

  1. Baca Biografi atau Cerita Inspirasi Tokoh

Agar semakin termotivasi untuk sukses salah satu caranya bisa dengan mencari tahu apa saja yang telah dilakukan oleh orang sukses. Membaca kisah sukses mereka dengan segala perjuangan mereka menuju titik kesuksesan tentunya bisa menambah motivasi kita untuk tidak lelah berjuang.

Meluangkan waktu dengan membaca biografi atau cerita inspirasi di Kenangan bisa menjadi salah satu cara kilat untuk meningkatkan motivasi Anda ketika sedang lelah.

 

  1. Tonton Tayangan Inspiratif

Jika Anda lebih senang melihat dan mendengar, menonton film atau tayangan inspiratif bisa menjadi pilihan yang tepat dibandingkan membaca buku. Anda bisa melihat rekomendasi film inspiratif pilihan Kenangan di Instagram, Twitter, atau Facebook Kenangan.com

 

Inilah tujuh cara ampuh untuk memotivasi diri sendiri di kala sedang jenuh. Wajar jika seseorang terkadang berada di titik jenuh, yang menjadi tidak wajar apabila Anda terus-menerus stuck pada keadaan jenuh tersebut tanpa berusaha untuk memotivasi diri sendiri. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

https://www.duniakaryawan.com/memotivasi-diri-sendiri/

https://www.merdeka.com/gaya/5-cara-ampuh-memotivasi-diri-sendiri.html

https://id.wikihow.com/Memotivasi-Diri

×
logo-kenangan Download aplikasi