5 Kenangan Hidup Ini Sebaiknya Diikhlaskan Jika Anda Ingin Bahagia

Sumber: unsplash

Meskipun hidup ini naik turun seperti roda, tentu setiap orang lebih memilih untuk mengejar kebahagiaan dalam hidup ini. Apa kebahagiaan itu harus dengan cara memiliki uang dan harta melimpah? Nggak juga, karena yang paling utama itu adalah bahagia harus datang dari dalam diri sendiri. Begitu kita bisa menciptakan bahagia dari diri sendiri, kita akan lebih mudah bahagia dengan orang lain ataupun menghadapi masalah yang ada. Bahagia dengan diri sendiri juga berarti wujud mencintai diri sendiri.

Tapi tidak semua orang lahir dan tumbuh besar di lingkungan yang kondusif dan bahagia. Masih ada sekelumit kenangan hidup yang perlu dibuang jika benar-benar ingin bahagia. Apa saja itu?

  1. Dendam dengan Orang Lain

Menyimpan dendam dan marah terhadap siapa saja sebenarnya membuat kita tidak bisa bahagia seutuhnya. Karena ketika kita berhasil melakukan sesuatu itu hanya untuk pembuktian kepada orang yang kita benci. Padahal itu hanya berujung membuat kita capek sendiri dan rugi suatu hari nanti.

 

  1. Pengalaman Masa Kecil Kurang Menyenangkan

Masa kecil sebenarnya adalah masa paling menyenangkan dalam kehidupan. Tapi tidak semua orang beruntung memiliki masa kecil yang membahagiakan. Tapi jika kita terus mengenang masa itu, kita akan jadi sulit untuk bahagia.

Mencari bantuan ahli seperti psikolog atau psikiater bisa menjadi alternatif solusi jika mulai merasa tidak mampu menghilangkan kenangan masa kecil yang kurang menyenangkan tersebut.

 

  1. Orang yang Telah Meninggalkan Kita

Akan selalu ada orang yang datang dan pergi karena memang itulah siklus kehidupan. Pun kita sendiri akan selalu datang dan pergi dalam hidup seseorang. Tapi ketika kita terpaku pada kenangan orang yang telah pergi meninggalkan kita, tentu saja membuat kita seperti hanya terpaku pada keadaan yang begitu-begitu saja.

Melepaskan dengan ikhlas dan mulai memantapkan hati untuk move on adalah cara terbaik untuk bisa melepaskan bayang-bayang masa lalu pada orang yang telah meninggalkan kita.

 

  1. Kegagalan

Hidup di dunia tidak pernah mulus seperti hidup di surga. Kegagalan sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Jangan melihat kegagalan itu akhir dari segalanya. Jika memang ada kesempatan untuk memperbaiki, maka lakukan. Jangan pula berhenti mencoba dan berusaha karena setiap orang punya titik kesuksesan masing-masing.

 

  1. Stigma yang Tidak Umum di Masyarakat

Stigma yang muncul ketika kita memiliki kondisi yang tidak umum di masyarakat tidak membuat seseorang merasa cemas dan tidak bahagia. Stigma ini sendiri adalah ciri negatif yang menempel pada seseorang karena pengaruh lingkungan, seperti keluarga broken home, bodoh, nakal, dsb.

Jika kita terus cemas selalu memikirkan apa kata orang lain, tentu akan menghalangi kebahagiaan kita sendiri. Lebih baik fokus pada apa yang bisa yang dilakukan dan melakukannya dengan baik.

Itulah lima kenangan buruk yang mampu menghalangi kebahagiaan Anda jika tidak dibuang. Memang Anda tidak bisa benar-benar membuang seperti orang lupa ingatan. Tapi mengikhlaskan kenangan buruk dan optimis memandang hidup ke depan membuat Anda mampu meraih kebahagiaan yang lebih besar nantinya.

 

×
logo-kenangan Download aplikasi