5 Cara Efektif untuk Menghemat Biaya Pemakaman

Pernahkah Anda berpikir bahwa ketika seseorang meninggal dunia itu sebenarnya masih memerlukan biaya? Ya, biaya pemakaman mungkin adalah biaya yang paling tidak terpikirkan di benak Anda semasa hidup, padahal biaya yang satu ini mestinya telah dipersiapkan jauh-jauh hari agar tidak merepotkan keluarga dan sanak famili yang akan mengurus. 

Selama hidup, kita disibukkan dengan biaya-biaya kehidupan, tapi kita seringkali lupa bahwa manusia yang akan berjumpa dengan kematian masih butuh biaya.

Untuk mempersiapkan biaya pemakaman, tentu saja ada sejumlah cara efektif untuk menghemat biaya pemakaman yang bisa Anda terapkan berikut ini:

  1. Mencicil Biaya Tanah Makam

Bagi Anda yang memilih untuk dimakamkan karena aturan dalam keyakinan Anda, Anda bisa mulai mencicil biaya tanah makam dengan mencari lokasi tanah makam yang tepat. Ada beberapa pilihan seperti membeli lahan kosong khusus untuk pemakaman keluarga, patungan membeli lahan kosong untuk pemakaman di komplek perumahan, atau mencari tahu harga sewa lahan makam milik pemerintah.

Apabila Anda memilih opsi terakhir karena tinggal di kota besar, Anda bisa langsung menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk biaya tersebut.

 

  1. Mendapatkan Daftar Biaya dari Sejumlah Rumah Duka

Bagi seseorang yang beragama non muslim, ada beberapa orang yang memilih untuk menyewa ruangan di rumah duka agar segala kegiatan dan acara upacara kematian dipusatkan di sana. Tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang untuk mencari tahu biaya rumah duka dan menghitung biaya kenaikan setiap tahunnya.

Anda juga harus jeli karena ada rumah duka yang tidak menyediakan jasa pemusalaran jenazah, yang berarti Anda harus mencari jasa pemulasaran jenazah secara terpisah. Anda bisa mengakses daftar jasa pemakaman dan rumah duka di berbagai kota di Indonesia disini.

 

  1. Mencicil Biaya Kematian

Jika Anda terafiliasi dengan kelompok agama tertentu, Anda bisa mengikuti semacam program menabung untuk biaya kematian. Anda akan diminta untuk menyetor sejumlah uang setiap bulan selama beberapa tahun untuk biaya kematian Anda. Biasanya jika uang belum terkumpul sesuai dengan target menabung, akan ditambahkan oleh keluarga atau ahli waris yang telah Anda percaya.

Cara ini cukup efisien meringankan ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, biasanya kelompok agama telah memiliki tim pengurus kematian, sehingga keluarga tidak perlu bingung jika tidak terlalu paham dalam merawat jenazah karena telah dibantu oleh tim tersebut.

 

  1. Pilih untuk Segera Memakamkan atau Kremasi

Waktu persemayaman jenazah menjadi salah satu faktor yang bisa memperbesar biaya pemakaman. Semakin lama jenazah disemayamkan, tentunya akan membutuhkan biaya-biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, jika Anda ingin menghemat biaya pemakaman, Anda bisa memilih untuk segera dikremasi atau dimakamkan agar tidak menambah biaya lain, seperti biaya sewa ruangan di rumah duka, biaya konsumsi untuk para tamu, dan lainnya.

 

  1. Donasi Organ Tubuh

Ada beberapa orang yang ingin mendonasikan tubuh mereka untuk ilmu pengetahuan. Biasanya nantinya organ tubuh ini akan disebut sebagai kadaver yang menjadi sarana belajar mahasiswa kedokteran. Meskipun hal ini kurang umum dilakukan di Indonesia, tapi jika Anda memang tertarik, tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini. Anda bisa bertanya pada rumah sakit yang dimiliki oleh universitas Kedokteran di tempat tinggal Anda.

×
logo-kenangan Download aplikasi