5 Alasan Kenapa Wajar Kita Ikut Berduka dan Merasa Kehilangan Atas Kematian Artis

Sumber: Guido Hoffman (unsplash)

2020 bisa dibilang menjadi tahun yang cukup berat bagi kita semua. Di awal tahun, kita dikejutkan dengan wabah COVID-19 atau Corona Virus yang sampai saat ini masih mewabah di Tanah Air. Selain itu, beberapa kematian orang penting seperti Ashraf Sinclair, Kobe Bryant, hingga Glenn Fredly juga cukup mengejutkan publik. Tidak sedikit orang yang merasa kabar duka tersebut membuatnya cukup terpukul dan berduka untuk beberapa hari. Tapi, wajar nggak sih, jika kita yang notabene tidak kenal dekat dengan tokoh tersebut, tapi ikut merasa sedih dan berduka atas kematiannya?

Jawabannya: wajar banget. Mungkin kita yang pernah mengalaminya sempat merasa aneh dengan perasaan tersebut karena kita tahu bahwa kita tidak mengenal orang tersebut secara personal. Tapi kita ikut merasa sedih dan benar-benar kehilangan hingga beberapa waktu.  Ada lima alasan yang bisa menjelaskan kenapa kita wajar ikut berduka, sedih, dan merasa kehilangan sosok artis tersebut:

  1. Kita tidak kenal sosok tersebut, tapi kita tahu sosoknya.

Seorang artis, apalagi seseorang yang namanya sudah begitu terkenal, karya-karyanya entah itu lagu, film, atau pertujukannya, tanpa disadari secara langsung sudah menjadi bagian dalam hidup kita. Kita mungkin bahkan juga bertumbuh bersama karya-karyanya sehingga menimbulkan nostalgia tersendiri.

Contohnya ketika muncul kabar kematian Glenn Fredly minggu lalu. Kita seketika menjadi flashback akan karya-karya mendiang Glenn yang sudah mengisi hari-hari kita. Lagu-lagu sendu romantis ciptaan Glenn yang sudah banyak menemani anak muda di kala putus cinta atau sedang di mabuk asmara.

 

  1. Kita Merasa Terhubung dengan Artis Idola

Mungkin memang artis idola kita tersebut jauh dari jangkauan kita. Tapi kadang ada hal-hal yang ada di dalam diri artis idola kita tersebut berhubungan dengan diri kita sendiri yang mampu mengingatkan kita pada masa lalu kita, seperti ia yang mungkin pernah populer di masa kecil atau masa remaja kita.

Di samping merasa terhubung langsung dengan sang idola, kita sendiri bisa merasa terhubunga dari penyebab kematiannya atau mungkin orang sekitarnya yang meninggal.

 

  1. Karya Artis Tersebut Selalu Ada Untuk Menghibur Kita

Sebagai penggemar karyanya, sudah menjadi hal lumrah bahwa karya artis idola kita dianggap sebagai salah satu hal yang paling menghibur di kala kita sedang sedih atau stres. Namun ketika artis tersebut telah tiada, ketika kita memutar ulang karyanya, seperti lagu atau film, tentunya akan membawa perasaan sedih pada diri kita.

 

  1. Ada Dimana-mana

Di era penyebaran informasi yang sudah canggih dan begitu cepat seperti saat ini, berita kematian seorang artis besar akan mudah tersebar dimana-mana, entah itu di televisi, radio, media sosial, portal berita daring, koran, dan lainnya. Pemberitaan dimana-mana ini tanpa disadari bisa membuat penggemar semakin merasa kehilangan dan sedih berlarut-larut.

 

  1. Mereka Tidak Akan Pernah Menghasilkan Karya Baru

Salah satu hal yang paling menyakitkan dari kematian adalah bahwa kita harus menghadapi kenyataan bahwa kita tidak akan pernah bertemu dengannya lagi. Tentunya kita tida bisa lagi menikmati karya atau pemikirannya yang terbaru, meskipun dunia masih memiliki karya-karyanya. Tidak ada lagi hal baru yang bisa kita tunggu darinya ketika kematian telah menjemputnya.

Itulah lima alasan kenapa sebenarnya wajar jika kita ikut berduka dan merasa kehilangan sosok artis idola kita walaupun kita dan dia tidak kenal satu sama lain. Jadi kita tidak perlu merasa aneh ketika kita merasa sedih atau berduka hingga menangis untuk beberapa waktu meratapi kepergiannya karena hal tersebut memang wajar. Menangis tidak membuktikan kau lemah, itu mengindikasikan kau hidup – Fiersa Besari.

 

               

×
logo-kenangan Download aplikasi