4 Cara Memaknai Uang Anda Secara Bijak

Sumber: unsplash

Kata orang, uang itu bukanlah segalanya. Uang itu tidak dibawa mati karena tidak akan dikubur bersama kita. Uang juga seharusnya bukan sesuatu yang dikejar mati-matian. Uang tidak seharusnya menjadikan hidup kita di atas kendalinya.

Tapi di era sekarang segalanya perlu uang. Ke toilet umum saja kita harus membayar. Untuk membeli kebutuhan primer, juga menggunakan uang. Bahkan untuk memberi seorang makhluk hidup kehidupan dan juga mengurus kematiannya pun, kita masih perlu uang.

Jadi, masih mau bilang tidak butuh-butuh amat dengan uang?

Uang memang tidak memberikan kebahagian yang abadi. Tapi memiliki sejumlah uang yang dirasa cukup untuk melanjutkan hidup sehari-hari, tentu akan menimbulkan perasaan yang sedikit berbeda daripada tidak punya uang sama sekali.

Apalagi di era saat ini yang hampir semuanya mulai dijamah dengan teknologi, segala urusan menjadi semakin dimudahkan oleh internet. Kita bisa transfer uang dimana saja, belanja online dimana saja, pesan tiket kapan saja, bahkan ngutang pun sekarang bisa online melalui aplikasi di smartphone dengan modal foto KTP.

Tapi dengan segala kemudahan yang ada ini, tanpa disadari bisa menjerumuskan kita pada hidup konsumtif. Jika orang tua dulu sering berkata bahwa kita harus mencukupkan diri dengan uang yang ada, di zaman sekarang kita bisa ngutang dulu walaupun tidak punya uang sepeser pun.

Seringkali pula kita lupa, bahwa utang itu diwariskan untuk dilunasi, bukan lenyap seperti debu berterbangan apabila sudah meninggal dunia. Mewariskan utang yang bertumpuk tentu yang ada hanya membebani keluarga yang ditinggalkan saja, apalagi jika tidak meninggalkan harta apapun yang bisa digunakan untuk keluarga melanjutkan hidup.

Lalu, bagaimana seharusnya kita memaknai uang secara bijak, untuk mencegah agar kita tidak menyusahkan keuangan orang-orang terdekat di kemudian hari?

  1. Mulailah ‘Melek’ Finansial

Melek finansial disini artinya Anda harus mulai belajar mengenai pengetahuan terkait keuangan. Anda harus mulai menyusun, memilah, dan merencanakan keuangan Anda untuk masa depan. Memiliki pengetahuan finansial yang mumpuni bisa membuat kita lebih bijak untuk mengelola uang.

 

  1. Atur Gaya Hidup

Tidak dipungkiri, zaman sekarang gaya hidup yang hedonisme bisa membuat uang Anda cepat habis seperti air mengalir. Mengatur gaya hidup minimalisme dan sederhana, serta membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan, bisa menekan pengeluaran Anda yang sebenarnya tidak perlu.

 

  1. Mulailah Berinvestasi

Ada pepatah menabung pangkal kaya. Betul sekali, daripada menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik uangnya ditabung. Apalagi Anda perlu punya uang cash yang siap sedia sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

Tapi tahukah Anda, jika menabung tidak bisa melawan arus inflasi? Untuk itu, Anda juga perlu memulai investasi yang nilai uangnya di masa depan mampu melawan laju inflasi, disamping menabung. Anda bisa mulai investasi di reksadana, saham, emas, deposito, atau properti. Bahkan sekarang sudah banyak aplikasi investasi di smartphone yang benar-benar memudahkan nasabah, lho.

 

  1. Persiapkan Masa Depan Anda

Masa depan seseorang yang sebenarnya adalah ketika ia sudah tiba pada kematiannya, di tempat peristirahatannya yang abadi. Ketika Anda ingin merencanakan prosesi pemakaman yang terbaik bagi Anda atau orang-orang tercinta Anda, Anda bisa menghubungi jasa pemakaman di Kenangan.com ini yang bisa membantu Anda.

Karena mati juga masih butuh uang, tidak ada salahnya Anda mempersiapkan sejak dini anggaran kematian agar tidak menyusahkan orang-orang terdekat Anda.

 

Itulah empat cara bagi Anda untuk mulai memaknai uang secara bijak, agar jangan sampai kita diperbudak oleh uang. Hidup juga sudah sulit, jadi jangan semakin mempersulit orang-orang di sekitar kita.

 

 

×
logo-kenangan Download aplikasi