3 Langkah Mudah Membuat Akun Kenangan Instagram untuk Orang yang Sudah Meninggal

Sumber: Ben Kolde (unsplash)

Di era masa kini, media sosial sudah menjadi salah satu bagian penting dalam hidup kita. Media sosial ini pun sudah seperti buku harian online terbuka yang dapat diakses oleh siapa saja yang mengenal kita. Tapi pernahkah Anda penasaran apa yang terjadi pada akun media sosial seseorang jika penggunanya sudah meninggal dunia? Apakah dibiarkan begitu saja? Atau mungkin akan otomatis dinonaktifkan dalam beberapa waktu ke depan?

Rupanya baru-baru ini, Instagram sebagai media sosial yang dikenal luas seperti album foto pribadi online ini, telah memiliki fitur “In Memoriam” yang bisa digunakan untuk mengenang para pengguna Instagram yang telah tiada.

Nantinya Instagram akan mengubah akun orang yang sudah meninggal sebagai kenangan. Akan ada tulisan “Remembering” di bawah profil pemilik akun tersebut. Diharapkan dengan adanya fitur ini, kenangan dari setiap orang yang telah berpulang kepada Sang Pencipta akan selalu ada dan dapat dikenang sewaktu-waktu.

Berikut ini adalah langkah untuk melaporkan akun milik anggota keluarga atau teman terdekat yang telah meninggal, sehingga bisa dianggap sebagai akun kenangan Instagram:

  1. Laporkan kepergian seseorang kepada Instagram

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan mengenai kabar meninggalnya seorang pemilik akun kepada Instagram dengan mengakses https://help.instagram.com/contact/452224988254813. Anda akan mengisi beberapa kolom berupa data diri, data almarhum, dan bukti kematian almarhum berupa surat kematian, artikel dari media (jika seorang public figure yang meninggal), atau pesan broadcast yang beredar di aplikasi pesan atau media sosial.

 

  1. Tunggu balasan email dari Instagram

Setelah laporan Anda terkirim, tim Instagram akan mengirimkan email balasan yang berisi ungkapan belasungkawa dan menanyakan kelengkapan laporan yang telah dibuat sebelumnya. Jika kelengkapan data sudah lengkap, Anda bisa mengabaikan email tersebut.

 

  1. Akun Instagram yang dilaporkan berubah jadi “In Memoriam”

Jika laporan tersebut dianggap valid oleh tim Instagram, maka akun tersebut akan berubah menjadi akun kenangan atau “in memoriam” di bawah akun profil Instagram almarhum tersebut.

Mudah sekali bukan caranya? Akun kenangan di Instagram ini berfungsi agar kenangan di dalam akun Instagram tersebut tetap terjaga dan dapat diakses sewaktu-waktu. Anda juga bisa membuat memorial orang-orang terdekat agar kenangan antara Anda dan almarhum tetap terjaga di Kenangan.com.

×
logo-kenangan Download aplikasi